Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF 2020 yang bergulir mulai Minggu (5/12/2021). Shin Tae-yong menegaskan anak asuhnya berpeluang menjadi juara.

Pelatih Timnas Indonesia itu mengaku menanamkan pola pikir calon juara kepada Skuad Garuda meski tak bisa memastikan target juara bisa diraih.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang Piala AFF 2020 yang digelar secara virtual, Sabtu (3/12).

Baca Juga:
Sempat Disentil, Menpora Pastikan Bonus untuk Tim Thomas Cup

"Pastinya tidak bisa dipastikan (jadi juara), tetapi setiap pertandingan kita akan bekerja keras dengan berpikir kami itu sebagai calon juara," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari Suara.com.

Lebih lanjut, juru formasi asal Korea Selatan itu menyebut Timnas Indonesia punya peluang besar meraih juara. Apalagi, jika Evan Dimas dan kawan-kawan kerja keras untuk mendapatkan hal tersebut.

"Memang penting juga untuk target juara tetapi setiap pertandingan kita bekerja keras pasti akan meningkatkan performa pertandingan. Jadi mungkin bisa mendapatkan juara juga," jelasnya.

Baca Juga:
Profil Timnas Timor Leste, Tim Gali Freitas yang Misterius di Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021) (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Untuk Piala AFF, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain termasuk yang merumput di Eropa seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott. Namun, dilaporkan khusus Egy tidak bisa bermain dari babak penyisihan grup.

Klub Egy, FK Senica kemungkinan besar baru melepasnya ke Timnas Indonesia setelah 18 Desember 2021 atau saat Liga Slovakia memasuki masa libur musim dingin.

Piala AFF akan mulai bergulir pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2020. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Baca Juga:
Michael Carrick Tinggalkan MU, Cristiano Ronaldo Sambut Ralf Rangnick

Skuad Garuda baru akan memainkan laga pertamanya kontra Kamboja pada 9 Desember mendatang. Setelah itu bersua Laos tiga hari setelahnya.

Laga kontra Vietnam akan berlangsung pada 15 Desember. Kemudian, melawan Malaysia yang merupakan partai pamungkas Grup B bakal tersaji empat hari setelahnya.

(Suara.com/Adie Prasetya)

Baca Juga:
5 Bintang Muda yang Patut Dinantikan Kiprahnya pada Piala AFF 2020

Load More