Rauhanda Riyantama
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan mereka di Piala AFF 2020 dalam hitungan hari. Pelatih Shin Tae-yong bahkan sudah mengumumkan 30 nama yang diboyong ke Singapura.

Dari sederet nama, tentulah akan ada yang menjadi andalan untuk mengisi skuat Timnas Indonesia. Berkaca dari sejumlah laga-laga praPiala AFF, Bolatimes merangkum 5 pemain andalan Shin Tae-yong.

1. Elkan Baggott

Baca Juga:
Sejarah Rivalitas Suporter PSIM Yogyakarta dengan PSS Sleman

Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Tak dimungkiri hadirnya Elkan Baggott di lini belakang Timnas Indonesia akan membuat skuat Garuda pede. Sebab, postur tubuh yang tinggi menjadi atribut pemain keturunan ini.

Saat memanggil Elkan dalam sejumlah uji coba, Shin memang kerap memasangnya di jantung pertahanan. Bukan tak mungkin di Piala AFF ini, ia akan bermain penuh.

2. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
Diproyeksikan Bela Timnas, Mees Hilgers Mengaku Punya Marga Indonesia

Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia. (Instagram/egymaulanavikri)

Asnawi menjadi salah satu pemain yang nyaris tak tergantikan di skuat Timnas Indonesia. Menempati pos bek kanan, penggawa Ansan Greeners ini piawai dalam membantu pertahanan dan serangan.

Asnawi juga tercatat sebagai wakil kapten. Ini terbilang mengejutkan lantaran usia eks penggawa PSM Makassar ini masih muda tapi sudah jadi pimpinan tim.

3. Pratama Arhan

Baca Juga:
Greysia/Apriyani Kalah Dua Set Lawan Kim/Kong di BWF World Tour Finals 2021

Aksi Wonderkid PSIS Semarang, Pratama Arhan bersama Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)

Sama seperti Asnawi, Pratama Arhan sepertinya akan menjadi andalan Shin di pos kiri. Perannya nyaris tak tergantikan sejak Shin melatih.

Ada beberapa alternatif nama yang dibawa Shin ke Piala AFF. Namun, diprediksi, mereka akan jadi cadangan selama Arhan masih fit.

4. Rachmat Irianto

Baca Juga:
Profil Flavio Beck Junior, Pemain Asal Brasil yang Balik ke PSIS Semarang

Rachmat Irianto saat tampil bersama Timnas Indonesia U-23. (Instagram/rachmatirianto)

Irianto juga menjadi salah satu pemain penting di skuat Timnas Indonesia. Perannya sebagai gelandang bertahan nyaris tak tergantikan.

Irianto juga bisa di sejumlah posisi. Saat masih membela Timnas U-19, pemain Persebaya ini berposisi sebagai bek tengah.

5. Evan Dimas

Evan Dimas dalam pertandingan melawan Afghanistan. (PSSI)

Evan menjadi pemain kelima yang akan jadi pilihan tetap Shin. Selain menjadi kapten tim, peran Evan sebagai jenderal lini tengah juga nyaris tak tergantikan.

Selain mendistribusikan bola, Evan juga punya pengalaman di Piala AFF. Penggawa Bhayangkara FC ini sudah kali keempat mentas di ajang dua tahunan ini.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More