Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong mempersiapkan tim terbaik untuk Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020 yang berlangsung dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Total ada 30 pemain dibawa pelatih asal Korea Selatan itu ke ajang yang berlangsung di Singapura tersebut. Di antara daftar itu, ada sejumlah pemain luar negeri atau abroad.

Kehadiran pemain-pemain yang merumput di negeri orang ini bisa menjadi modal positif buat 'Merah Putih' karena pengalaman yang mereka dapatkan, terlebih yang merumput di negara yang sepakbolanya maju.

Baca Juga:
Mundur dari BWF World Tour Finals 2021, Pebulu Tangkis Denmark Curhat Sedih

Timnas Indonesia sendiri sudah melakukan persiapan matang untuk menghadapi Piala AFF 2020. Serangkaian uji coba telah dilakukan. Berikut pemain-pemain Timnas Indonesia yang merumput di luar negeri atau pemain aboard.

1. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Bukan rahasia lagi jika Asnawi merupakan salah satu andalan Shin di Timnas Indonesia baik senior maupun U-23. Tempatnya tak tergantikan di sektor bek kanan Indonesia.

Baca Juga:
Bukannya Redup, 5 Pesepak Bola Ini Kariernya Justru Meroket Setelah Usia 30

Asnawi yang saat ini bermain untuk tim asal Korea Selatan, Ansan Greeners, punya pengalaman yang berlimpah meski baru menginjak usai 22 tahun.

2. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri ketika membela timnas U-19.

Perkembangan karier Egy Maulana Vikri di Eropa semakin menemui jalan positif, dia baru saja mencetak 2 gol untuk FK Senica di Liga Slovakia. Kehadiran Egy bisa memperkaya opsi Shin di lini depan Indonesia.

Baca Juga:
Sedang Berlangsung, Link Live Streaming BWF World Tour Finals 2021 Hari Ini

Egy juga cukup sering mendapat kepercayaan Shin Tae-yong baik itu di level Timnas Senior atau Timnas Indonesia U-23.

3. Witan Sulaeman

Pemain Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemain Timnas Indonesia lainnya yang saat ini sedang merumput di Eropa adalah Witan Sulaeman bersama Lechia Gdansk.

Baca Juga:
Jadwal BWF World Tour Finals 2021 Hari Ini, Kevin/Marcus Jumpa Wakil India

Meski baru berusia 20 tahun, Witan sering menjadi andalan Shin Tae-yong untuk menyisir sektor sayap atau menjadi kreator serangan Timnas Indonesia.

4. Elkan Baggott

Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Setelah memberikan surat permintaan maaf dan menyatakan siap membela Timnas Indonesia, Elkan Baggott menjadikan Piala AFF sebagai ajang pembuktian dirinya.

Bek yang bermain di klub asal Inggris, Ipswich Town, tersebut bakal menambah kekuatan dan opsi di lini belakang Timnas Indonesia.

5. Syahrian Abimanyu

Pemain Timnas Indonesia U-19 Syahrian Abimanyu (kedua kanan) melewati hadangan pesepak bola Thailand U-19 Chaiwat Weerakijphanich (kiri) saat laga PSSI 88th U19 International Tournament di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/9). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pemain muda lainnya milik Timnas Indonesia yang sedang merumput di luar negeri adalah Syahrian Abimanyu. Dia kini menjadi bagian tim raksasa asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Syahrian juga menjadi opsi lain dari Shin Tae-yong untuk menjadi kreator serangan Indonesia. Pemain asal Banyumas ini pun membuktikan kualitasnya saat membantu Indonesia mengalahkan Taiwan di play-off kualifikasi Piala Asia 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More