Rabu, 06 Juli 2022
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 01 Desember 2021 | 15:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sejumlah kontestan Piala AFF 2020 telah menyiapkan kekuatan terbaiknya, termasuk memanggil pemain naturalisasi untuk memperkuat amunisi.

Menariknya, pemain-pemain naturalisasi yang akan tampil bersama negaranya masing-masing pada Piala AFF 2020 memiliki nilai pasar yang cukup fantastis.

Timnas Malaysia menjadi salah satu kontestan pada Piala AFF yang menggunakan sejumlah pemain naturalisasi dengan harga yang relatif tinggi.

Bahkan, tiga pemain naturalisasi milik tim Harimau Malaya mendominasi daftar pemain dengan harga pasar termahal di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia juga mengirimkan satu nama. Pemain naturalisasi ini menduduki urutan ketiga dari lima nama yang paling mahal.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain naturalisasi dengan harga pasar termahal yang akan tampil pada Piala AFF 2020.

5. Guilherme de Paula (Malaysia)

Timnas Malaysia sepertinya masih mempercayakan sektor ujung tombaknya pada Piala AFF 2020 kepada Guilherme de Paula.

Pasalnya, pemain kelahiran Brasil itu masih dipercaya pelatih Tan Cheng-hoe untuk tampil bersama Harimau Malaya meski usianya telah menginjak 35 tahun.

Pemain asal Johor Darul Takzim (JDT) itu ternyata juga memiliki nilai pasar yang cukup fenomenal. Sebab, angkanya mencapai 200 ribu euro atau setara dengan Rp 3,2 miliar.

4. Roodney Celvin (Malaysia)

Di urutan keempat, ada nama pemain naturalisasi andalan timnas Malaysia, yakni Roodney Celvin. Dia tercatat memiliki darah keturunan Ghana-Malaysia.

Tentu, sektor pertahanan skuad Harimau Malaya pada Piala AFF 2020 bakal mendapat sosok yang kokoh dengan hadirnya Celvin.

Tak hanya itu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini juga tercatat sebagai salah satu pemain naturalisasi yang memiliki nilai pasar tertinggi.

Saat ini, harga pasar mantan pemain timnas Malaysia U-23 itu dibanderol dengan harga 225 ribu euro, atau setara dengan Rp 3,6 miliar.

3. Ezra Walian (Indonesia)

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Timnas Indonesia juga akan membawa pemain naturalisasi untuk tampil pada Piala AFF 2020. Salah satunya yakni Ezra Walian.

Saat ini, pemain keturunan Indonesia-Belanda itu berstatus sebagai pemain klub elite Liga 1 2021/2022, Persib Bandung.

Pemain berusia 24 tahun itu kini menduduki peringkat ketiga dalam daftar pemain naturalisasi dengan nilai pasar tertinggi.

Sebab, saat ini harga pasar eks-pemain Almere City itu mencapai 325 ribu euro, atau setara dengan Rp 5,2 miliar.

2. Billy Ketkoephomphone (Laos)

Billy Ketkeophomphone ketika berhadapan dengan PSGdi Ligue 1 2015. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Timnas Laos bakal mendapatkan suntikan tenaga penting dari Billy Ketkeophomphone saat tampil pada Piala AFF 2020.

Billy Ketkeophomphone merupakan penyerang kelahiran Prancis yang baru saja dinaturalisasi oleh Federasi Sepak Bola Laos atau LFF.

Secara rekam jejak, sebetulnya Billy memiliki kiprah yang cukup mentereng. Sebab, dia menjadi pesepak bola asal Asia Tenggara pertama yang bermain di kasta tertinggi Liga Prancis.

Saat ini, Billy menempati urutan kedua dalam daftar pemain naturalisasi dengan harga pasar tertinggi di Piala AFF 2020. Sebab, angkanya mencapai 500 ribu euro, atau setara dengan Rp 8,1 miliar.

1. Dion Johan Cools (Malaysia)

Dion Cools akan perkuat Malaysia di Piala AFF 2020. (Kenzo Tribouillard / AFP)

Di urutan teratas, pemain keturunan Malaysia-Belgia, Dion Johan Cools, menjadi pemain naturalisasi yang memiliki nilai pasar paling mahal.

Pemain yang kini memperkuat klub Liga Denmark, FC Midtjylland itu memiliki harga pasar senilai 1,4 juta euro, atau setara dengan Rp 24,4 miliar.

Sebelum memperkuat timnas Malaysia, Dion Cools sempat bermain untuk timnas Belgia U-21. Dia juga sempat bermain bersama Club Brugge.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

5 Pemain Naturalisasi yang Gagal Total di Timnas Indonesia, Ada yang Tersandung Kasus