Irwan Febri Rialdi
Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Semenjak timnas Indonesia berada di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, ada sejumlah nama pemain yang menjadi pilihan utama.

Pemain-pemain ini bahkan nyaris tak pernah tergantikan di skuad timnas Indonesia. Mereka selalu menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk mengisi daftar sebelas pertama.

Nama-nama pemain ini sudah menjadi andalan pelatih asal Korea Selatan itu sejak skuad Merah Putih tampil pada babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga:
Hattrick di Indonesia Open, Kevin/Marcus Bongkar Kunci Libas Wakil Jepang

Setelah itu, mereka juga selalu menjadi pilihan ketika skuad Merah Putih melakoni sejumlah pertandingan uji coba internasional.

Bukan tidak mungkin, pemain-pemain ini akan menjadi amunisi andalan timnas Indonesia saat turun pada kejuaraan Piala AFF 2020.

Namun demikian, apabila mereka tak mampu menampilkan konsistensi, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong bakal menggeser mereka dengan pemain lainnya.

Baca Juga:
Profil Ryu Hirose, Pelatih Timnas Kamboja Asal Jepang di Piala AFF 2020

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain andalan Shin Tae-yong yang perannya di timnas Indonesia tak tergantikan.

1. Ricky Kambuaya

Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Performa Ricky Kambuaya bersama Persebaya Surabaya di ajang Liga 1 2021-2022 memang patut mendapatkan pujian tersendiri.

Baca Juga:
Profil Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam Eks Asisten Guus Hiddink

Bisa dibilang, ini adalah musim terbaik bagi mantan gelandang PSS Sleman itu selama berkarier di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Hal itulah yang membuat pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, seperti terpikat dengan performa Ricky Kambuaya.

Bahkan, dalam beberapa pertandingan terakhir, pemain berusia 25 tahun itu selalu menjadi starter saat skuad Merah Putih berlaga.

Baca Juga:
Hadapi Man United, Thomas Tuchel Jamin Chelsea Mainkan Level Tertinggi

2. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto saat berlatih bersama Timnas Indonesia di Turki (dok. PSSI).

Salah satu pemain muda yang mulai mendapatkan tempat utama di skuad timnas Indonesia ialah Rachmat Irianto.

Pemain yang posisi awalnya adalah bek tengah ini mendapatkan peran baru. Awalnya, dia dipasang sebagia gelandang bertahan oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Kini, reposisi tersebut turut mengantarkan Rian, sapaan akrabnya, mengisi satu tempat penting di skuad Garuda arahan Shin Tae-yong.

Karakter defensif yang dimiliki pemain berusia 22 tahun itu mampu memberikan keseimbangan di sektor lini tengah timnas Indonesia.

3. Pratama Arhan

Pemain muda PSIS Pratama Arhan dipanggil Timnas untuk melakukan pemusatan latihan. [Dok PSIS]

Pratama Arhan merupakan bek kiri muda yang namanya tengah naik daun. Dia menjadi salah satu pemain favorit Shin Tae-yong sejak di timnas Indonesia U-19.

Bahkan, bek asal PSIS Semarang ini juga mendapat kepercayaan untuk mengisi sektor kiri pertahanan timnas senior.

Meskipun masih berusia 19 tahun, nyatanya Pratama Arhan mampu menyingkirkan sederet bek kiri terbaik di Indonesia.

Akan tetapi, beberapa laga terakhir ia sempat memperlihatkan performa yang kurang memuaskan, utamanya saat melakukan blunder yang menyebabkan timnas Indonesia kalah 0-1 dari Afghanistan pada laga uji coba.

4. Evan Dimas Darmono

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat jumpa pers sehari jelang menghadapi Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand (dok. PSSI).

Salah satu pemain yang tak tergantikan di skuad timnas Indonesia era pelatih Shin Tae-yong ialah Evan Dimas Darmono.

Dia menjadi salah satu pemain yang paling yang paling sering mendapatkan kepercayaan bermain di sektor lini tengah.

Hal ini tak terlepas dari kemampuan mumpuni yang dimiliki Evan Dimas untuk menjadi metronom permainan skuad Merah Putih.

Bahkan, peran vital lainnya yang juga dipercayakan kepada gelandang Bhayangkara FC ini ialah kapten timnas Indonesia.

Selama bermain di bawah arahan Shin Tae-yong, mantan pemain Persija Jakarta ini telah mencatatkan tiga gol untuk timnas Indonesia.

5. Asnawi Mangkualam

Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI)

Tak berlebihan kiranya untuk menyebut Asnawi Mangkualam sebagai pemain yang paling diandalkan oleh Shin Tae-yong.

Sebab, kariernya di K-League 2 bersama Ansan Greeners tak terlepas dari rekomendasi yang diberikan oleh Shin Tae-yong

Kini, Asnawi selalu menjadi pilihan utama pelatih asal Korea Selatan itu di berbagai kelompok usia timnas Indonesia, mulai dari U-23 hingga senior.

Bahkan, mantan pemain PSM Makassar itu juga mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk mengemban tugas sebagai kapten timnas U-23.

Sementara itu, di timnas senior, Asnawi juga menjadi wakil Evan Dimas Darmono yang menjadi kapten tim.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More