Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl (tengah) saat masih aktif, bersama asistennya Wolfgang Pikal (kanan, memeluk pemain) bersama Timnas Indonesia. [ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia belum sekalipun mencicipi gelar Piala AFF. Sejak keikutsertaan mereka pertama kali pada 1996, prestasi terbaik adalah runner-up sebanyak 5 kali.

Dari 12 kali penampilan hingga 2018 lalu, terdapat 4 pelatih yang sukses membawa Timnas Indonesia ke final. Meski hasil akhir belum berpihak, setidaknya mereka sukses menorehkan tinta emas.

Siapa saja mereka? Berikut Bolatimes rangkum nama-nama pelatihnya untuk Anda:

Baca Juga:
Hasil Liga Konferensi: Dikalahkan Mura, Spurs Terancam Gagal ke 16 Besar

1. Nandar Iskandar

Nandar Iskandar menjadi pelatih pertama yang membawa Merah Putih ada di urutan kedua Piala AFF. Ketika itu ia menangani Timnas Indonesia pada edisi 2000.

Pada keikutsertaan Timnas Indonesia di edisi ketiga Piala AFF itu, Nandar membawa anak asuhnya melaju ke partai pemungkas. Sayang, di babak akhir, Garuda kalah 1-4 dari Thailand.

Baca Juga:
Hasil Liga Konferensi: Hajar Zorya 4-0, AS Roma Lolos ke 16 Besar

2. Ivan Kolev

Pelatih Persija Ivan Kolev. [dok. media Persija]

Masih ingat Ivan Kolev? Buat pecinta Timnas Indonesia, namanya mungkin akan ada dalam ingatan.

Pasalnya, saat membesut skuat Garuda pada Piala AFF 2002, Kolev sukses mencapai babak final. Hanya, kegemilangan skuat Garuda terhenti oleh Thailand tapi melalui drama adu penalti 2-4.

Baca Juga:
Hasil Liga Europa Semalam: West Ham dan Leicester City Kompak Menang

3. Peter White

Pada Piala AFF edisi 2004, Timnas Indonesia untuk kali ketiga lolos ke final. Kali ini, mereka dilatih oleh Peter White.

Oleh tangan dingin White, Indonesia bersua Singapura di final. Sial buat skuat Garuda, dua pertemuan di Singapura dan di Jakarta, Indonesia kalah dengan agregat 2-5.

Baca Juga:
Persija Dibungkam Bali United, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021

4. Alfred Riedl

Alfred Riedl saat masih menjadi pelatih Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Dua dari tiga kali kesempatan yang diberikan kepada Riedl membesut skuat Garuda dimanfaatkan dengan baik. Pada Piala AFF edisi 2010 dan 2016, sosok kelahiran Austria ini sukses membawa Garuda ke final.

Sayang, cerita tak berujung manis. Sebab, di dua laga pemungkas ini, skuat Merah Putih takluk masing-masing oleh Malaysia dan Thailand.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More