Husna Rahmayunita
Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Shin Tae-yong mengajukan empat nama pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia. Mereka adalah Sandy Walsh, Mees Hilgers, Jordi Amat serta Kevin Diks.

Namun dari keempatnya, disebut-sebut baru dua orang yang memberikan kepastian membela Timnas Indonesia. Keduanya yakni Sandy Walsh dan Mess Hilgers.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani yang bertugas menghubungi keempat pemain Eropa calon naturalisasi.

Baca Juga:
Prediksi Manchester City Vs PSG, Misi Balas Dendam The Citizens

Ia mengaku telah membuka omongan dengan agen Jordi Amat dan Kevin Diks. Agen tersebut meminta waktu kepada PSSI untuk berbicara dengan pemainnya.

"Pada prinsipnya ke empat pemain tersebut berminat. Namun yang sudah memberi respons baru dua yaitu Sandy Walsh dan Mees Hilgers," kata Hasani saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (23/11/2021).

"Sedangkan Jordi Amat dan Kevin Diks, kami sudah bicara sama agennya, namun agennya minta waktu mau bicara sama pemainnya dulu," terangnya.

Baca Juga:
Liverpool Vs Porto: Klopp Siap Turunkan Pemain Terbaik

Empat pemain ini rencananya akan dinaturalisasi atas permintaan langsung Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Jika sudah memiliki minat, akan ada penelusuran yang dilakukan PSSI khususnya darah keturunan yang dimiliki.

Oleh sebab itu prosesnya tidak bisa cepat. PSSI tidak mau kasus Marc Klok terulang tak bisa memperkuat Timnas Indonesia sebelum lima tahun karena tak bisa menunjukkan bukti keturunan WNI.

"Proses naturalisasi pemain memang tidak gampang, perlu waktu dalam proses administrasinya dan dokumen yang lengkap. PSSI juga mengecek dokumen para pemain ini apakah benar punya darah Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Cetak Gol Perdana buat Man United di Liga Champions, Sancho: Ini Spesial

"Karena bila dokumen tidak ada atau tidak diakui FIFA bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia," terangnya.

Keempatnya dipastikan belum bisa tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dalam waktu dekat mengingat proses naturalisasi yang cukup panjang.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Baca Juga:
5 Legenda yang Dipecat usai Gagal Tangani Mantan Klub, Terbaru Solskjaer

Load More