Irwan Febri Rialdi
Sandy Walsh. [@sandywalsh / Instagram]

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, menjelaskan bahwa baru Sandy Walsh dan Mees Hilgers yang menyatakan keseriusannya mau memperkuat Timnas Indonesia. Sementara dua nama lainnya, Jordi Amat dan Kevin Diks masih perlu menunggu jawaban.

Sebelumnya, Hasani ditugaskan PSSI menghubungi empat calon pemain Eropa yang bakal dinaturalisasi. Selain Sandy Walsh dan Mees Hilgers ada lagi Jordi Amat serta Kevin Diks.

Untuk Jordi Amat dan Kevin Diks, Hasani mengaku baru membuka omongan dengan agen keduanya. Agen tersebut meminta waktu kepada PSSI untuk berbicara dengan pemainnya.

Baca Juga:
Tunggakan Gaji 18 Eks Persis Solo Lunas, Aksi Kompak Petinggi Klub Disorot

"Pada prinsipnya ke empat pemain tersebut berminat. Namun yang sudah memberi respons baru dua yaitu Sandy Walsh dan Mees Hilgers," kata Hasani saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (23/11/2021).

"Sedangkan Jordi Amat dan Kevin Diks, kami sudah bicara sama agennya, namun agennya minta waktu mau bicara sama pemainnya dulu," terangnya.

BACA JUGAWasit Liga 1 Merasa Terhina Karena Sosok Mr Y, Mata Najwa Bakal Disomasi

Baca Juga:
Serius di Sepak Bola, Raffi Ahmad Bangun Rans Prestige Sportstainment

Empat pemain ini rencananya akan dinaturalisasi atas permintaan langsung Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Jika sudah memiliki minat, akan ada penelusuran yang dilakukan PSSI khususnya darah keturunan yang dimiliki.

Oleh sebab itu prosesnya tidak bisa cepat. PSSI tidak mau kasus Marc Klok terulang tak bisa memperkuat timnas Indonesia sebelum lima tahun karena tak bisa menunjukkan bukti keturunan WNI.

"Proses naturalisasi pemain memang tidak gampang, perlu waktu dalam proses administrasinya dan dokumen yang lengkap. PSSI juga mengecek dokumen para pemain ini apakah benar punya darah Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Persis Solo Lolos 8 Besar Liga 2, Gibran Rakabuming Raka Merespons Singkat

"Karena bila dokumen tidak ada atau tidak diakui FIFA bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia," terangnya.

Mengingat proses naturalisasi cukup panjang keempatnya dipastikan belum bisa tampil bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Seperti yang diharapkan pada Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga:
Curhat Usai Digugat Cerai Istri, Eric Abidal: InsyaAllah Kamu Akan Memafkan

Load More