Irwan Febri Rialdi
Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Elkan Baggott sempat kembali menjadi buah bibir di publik sepak bola Indonesia. Sebab, dia sebelumnya dikabarkan menolak panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh PSSI, yang menyebut Elkan Baggott tidak ingin bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021.

Namun, pemain 19 tahun telah meminta maaf dan menjelaskan alasan tak menerima panggilan tugas membela Timnas Indonesia. Dia pun menegaskan siap memperkuat skuad Garuda jika kembali dipanggil.

Baca Juga:
Bagikan Potret Terkini Kenakan Sportwear, Sandra Olga Akui Lebih Kurus

Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott. (dok. PSSI)

"Kepada ketua PSSI yang terhormat. Pertama, saya ingin meminta maaf sedalam-dalamnya karena tidak menghadiri Timnas Indonesia di Dubai," tulis Baggott dalam suratnya.

"Alasannya pada waktu itu adalah pemerintah Inggris dan klub saya menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi COVID-19 di Dubai memburuk."

"Sekarang, saya siap untuk membela dan memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia. Semoga Anda bisa memahami alasan saya," ucap Baggott.

Baca Juga:
Kasus-Kasus Pengaturan Skor yang Terungkap di Liga Indonesia

Bak gayung bersambut, Baggot dikabarkan menjadi salah satu pemain yang akan dipersiapkan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 pada Desember mendatang.

Kehadiran Elkan jelas bisa menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia, berikut alasannya.

1. Memperkuat Lini Belakang

Baca Juga:
Reaksi Tegas Najwa Shihab usai Didesak Bongkar Identitas Pengatur Skor

Elkan Baggott bersama Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Kehadiran Elkan Baggott akan menambah opsi bagi Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia nantinya. Seperti yang diketahui, Elkan merupakan bek yang tangguh.

Meski usianya masih sangat muda, Elkan sangat layak untuk bisa mendapat kesempatan bertandem dengan pemain-pemain lebih senior seperti Fachrudin, Victor Igbonefo, atau Ryuji Utomo.

2. Punya Kelebihan

Baca Juga:
Febri Hariyadi Dirumorkan dengan Klub Serbia Red Star Belgrade

Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott, mencetak satu gol saat Ipswich Town menang 3-2 atas Sheffield United U-18 dalam laga perempat final FA Youth Cup 2020/2021, Sabtu (1/5/2021). (Dok. Ipswich Town)

Dengan postur 196 cm, hadirnya Elkan bisa menambah kekuatan di barisan belakang Timnas Indonesia, khususnya dalam mengatasi duel-duel udara dan skema bola mati.

Selain membantu pertahanan, postur tinggi Elkan juga bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia mencetak gol khususnya melalui sundulan. Kualitas inilah yang membuat Elkan Baggot bisa berguna di Piala AFF 2020.

3. Regenerasi Timnas Indonesia

Elkan Baggot saat mengikuti TC Timnas Indonesia U-19. (Instagram/elkanbaggott)

Dengan memanggil Elkan Baggott, artinya akan membuat regenerasi pemain di Timnas Indonesia berjalan. Shin Tae-yong bisa memadukan pemain muda dan senior di Piala AFF 2020 untuk menambah jam terbang.

Tak cuma Elkan Baggott, ada cukup banyak nama-nama yang tampil apik di tim nasional kelompok umur baik di Timnas Indonesia U-19 atau Timnas U-23 yang bisa dicoba promosi ke Timnas senior.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More