Husna Rahmayunita
Najwa Shihab dan Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh. (YouTube/Najwa Shihab)

Bolatimes.com - Praktik pengaturan skor atau match fixing di kompetisi Liga Indonesia tengah menjadi sorotan. Seorang perangkat wasit Mr Y mengungkap pengakuan mengejutkan di hadapan Najwa Shihab.

Dalam acara Mata Najwa: "PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-lagi Begini", Rabu (3/11/2021) malam, Mr Y (nama samaran) mengaku terlibat pengaturan skor dalam dua laga di Liga 1 musim ini.

Mr Y mengatakan, ia beraksi tak sendirian. Apa yang dilakukannya berdasarkan instruksi seseorang yang telah membuat strategi sedemikian rupa untuk memenangkan tim tertentu.

Baca Juga:
David Moyes, Eks Manajer Man United yang Bikin Fellani Banjir Air Mata

Setelah aksinya berjalan mulus, ia akan mendapat upah puluhan hingga ratusan juta, tergantung pertandingan yang diatur.

"Kita sudah diistruksi, kita sudah menjalankan tugas di lapangan. Terkait partai yang harus dimenangkan. Jauh pertandingan kita sudah dinstruksi," kata Mr Y di acara Mata Najwa.

Atas pengakuan itu, Najwa Shihab selaku pemandu acara lantas meminta tanggapan kepada Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh yang juga menjadi narasumber.

Baca Juga:
Wasit Mr. Y Ngaku Atur Dua Pertandingan Liga 1 2021/2022, Sudah Diinstruksi

Ilustrasi pengaturan skor. (Dok. Digitalsporty).

Ahmad Riyadh justru meminta Najwa Shihab untuk membongkar identitas perangkat wasit yang mengaku melakukan match fixing. Alasannya, agar tak memicu tuduhan keliru hingga fitnah.

"Kalau Bu Najwa ini mau PSSI bagus, mau membongkar kedok yang bobrok, dibuka saja siapa perangkat pertandingan tersebut," ujar Ahmad Riyadh.

Menurut Ahmad Riyadh, dengan dibongkarnya identitas oknum tersebut, maka PSSI dapat mengambil tindakan selanjutnya bila terbukti bertindak curang.

Baca Juga:
Kerap Bikin Ulah di Lapangan, 4 Pesepak Bola Ini Lebih Mirip Preman

"Maka besok, semua sudah jadi action yang luar biasa buat PSSI. Tapi kalau dilindungi orang yang berbuat salah berada di balik panggungnya Bu Najwa," sambungnya.

Lebih lanjut, Ahmad Riyadh memastikan PSSI akan bertindak jika memang pengakuan perangkat wasit dapat dibuktikan, begitu juga dengan identitasnya.

"Ayok kita buka namanya, nggak usah di forum ini, hubungi saya, telepon saja ungkap namanya. Besok sudah action besar-besaran," tandasnya.

Baca Juga:
Xavi Hernandez Ingin Pulang Kampung ke Barcelona, Kapten Al-Sadd Pasrah

Load More