Irwan Febri Rialdi
Mata Najwa, PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-Lagi Begini. (YouTube/MataNajwa)

Bolatimes.com - Pengakuan mengejutkan diungkap oleh salah satu wasit Liga 1 2021/2022. Wasit yang tidak diungkap identitasnya tersebut mengaku sudah mengatur dua pertandingan kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia musim ini.

Hal itu disampaikan dalam acara Mata Najwa: "PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-lagi Begini", Rabu (4/11/2021). Menggunakan nama samaran Mr. Y, dia menjelaskan sudah dua laga yang dirinya atur untuk dimenangkan tim tertentu.

Mr. Y mangatur pertandingan atas perintah seseorang. Ia menjalankan praktek kotor tersebut bersama rekan-rekannya seprofesi yang dia sebut sebagai tim.

Lantas, berapa yang didapat dirinya ketika berhasil menjalankan instruksi? Ia mengaku mendapat puluhan hingga ratusan juta, tergantung pertandingan apa yang diatur.

"Tidak bisa kita sebutkan, ada lah. Yang jelas puluhan sampai ratusan. Semakin tinggi partainya semakin mahal," ujar Mr. Y.

Pengakuan Mr. Y menjadi cambuk yang luar biasa bagi sepak bola Indonesia di tengah sorotan netizen terkait keputusan-keputusan kontroversial wasit Liga 1 dan Liga 2.

Jika tidak segera diusut secara tuntas, maka kepercayaan publik Indonesia terkait sepak bola Tanah Air dipastikan akan semakin luntur.

Load More