Irwan Febri Rialdi
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yunus Nusi memberikan keterangan kepada media di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2019). (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berencana menggelar training camp (TC) panjang di Turki dalam waktu dekat.PSSI memohon pengertian klub rela melepas pemainnya jika ada yang dipanggil demi kepentingan tim nasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI menyebut skuad Garuda rencananya akan berangkat ke Turki untuk TC pertengahan November 2021.

TC tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menatap Piala AFF 2020 yang digelar 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022. Tentu ini menjadi masalah mengingat pemain bakal absen cukup lama bersama klubnya masing-masing.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi didampingi wakilnya, Maaike Ira Puspita saat penandatanganan kerja sama dengan federasi sepakbola UEA (diok. PSSI).

Apalagi, Piala AFF bukan termasuk FIFA matchday. Sehingga saat turnamen tersebut berlangsung, BRI Liga 1 pun sedang berjalan alias tidak libur.

"Insya Allah saya akan mengundang kawan-kawan yang pemainnya ada di klub. Kami akan komunikasikan bahwa AFF memang bukan FIFA matchday tapi kami harap ada penyesuaian," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada awak media.

PSSI masih menunggu kehadiran Shin Tae-yong untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai rencana TC Timnas Indonesia. Sosok asal Korea Selatan itu baru saja menemani Timnas Indonesia U-23 berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 kontra Australia di Tajikistan.

"Makanya kami tunggu ke Shin Tae-yong. Dia sudah berikan roadmap ke kami dan kami sedang diskusikan ke klub," tambah Yunus Nusi.

Yunus berharap skuad Timnas Indonesia nantinya tak lama-lama TC Turki. PSSI akan mengusahakan pemusatan latihan tim nasional berlangsung di Indonesia sehingga pemain bisa kembali ke tim jika dibutuhkan.

"Harapannya kami jangan terlalu lama di Turki dan TC ada Indonesia dan akan disesuaikan di mana Seri Liga 1 itu berada. Jadi misalnya di Yogyakarta dan TC-nya bisa di Jogja," terang Yunus Nusi.

"Jadi H-12 jam pemain bisa dikembalikan ke klub. Jadi kami juga yakin klub pasti akan mengejar ranking di seri ketiga nanti," pungkasnya.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Load More