Husna Rahmayunita
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong jadi sorotan setelah gagal membawa anak asuhannya ke Piala Asia 2022. Banyak yang mempertanyakan nasib sang juru taktik.

Mengingat, biasanya pelatih terancam dicopot jika tak kunjung memberikan hasil positif kepada tim. PSSI pun angkat bicara soal Shin Tae-yong.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi memastikan jika posisi Shin Tae-yong masih aman. Juru taktik asal Korea Selatan itu diberi kesempatan untuk melatih Skuad Garuda hingga akhir tahun.

Baca Juga:
Pelatih Australia: Kemenangan atas Timnas U-23 Pengalaman Sangat Penting

"Insya Allah Shin Tae-yong sampai akhir tahun ini aman. Tapi kami akan evaluasi seperti apa yang akan dia lakukan untuk timnas Indonesia ke depan," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada awak media, Jumat (29/10/2021).

Timnas U-23 kalah dari Australia dengan agregat 4-2 di laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23. Hasil itu memperpanjang rekor buruk Timnas Indonesia di Piala Asia U-23.

Sebelumnya, timnas hanya mampu mencapai babak kualifikasi sejak ajang tersebut digulirkan pada 2013. Namun hal ini, tak mempengaruhi nasib Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persib Bandung vs Persipura Jayapura, Lanjutkan Rekor

Terkini, Shin Tae-yong akan fokus menggembleng skuad Garuda untuk mengikuti ajang Piala AFF 2020 yang bakal bergulir Desember 2021 hingga Januari 2022 di Singapura.

Hasil akhir dari ajang tersebut kemungkinan bakal menjadi bahan evaluasi PSSI terkait mempertahankan atau mendepak pelatih 52 tahun tersebut.

Piala AFF 2020 akan digelar terpusat di Singapura. Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persik Kediri vs Persija Jakarta, Pertarungan Duo Macan

PSSI memasang target tinggi buat Timnas Indonesia dalam kejuaraan ini. Bagaimana tidak, rekor terbaik skuad Garuda adalah semifinal belum pernah juara.

Di sisi lain, Shin Tae-yong sudah ancang-ancang menatap laga tersebut. Menurutnya, ada beberapa pemain Timnas U-23 yang akan ikut serta.

"Ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan dipanggil untuk Piala AFF 2020," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Main Full di Liga Slovakia, Egy Maulana Vikri Gagal Bawa FK Senica Menang

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Load More