Irwan Febri Rialdi
Bek Timnas Indonesia, Ryuji Utomo. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pemain Persija, Ryuji Utomo, tengah jadi perbincangan hangat. Pemain yang kini tengah menjalani masa peminjaman ke Penang FA itu diminati sejumlah klub Korea Selatan.

Ryuji sejatinya dilanda dilema. Pada paruh kedua bursa transfer Liga 1 ini ia harus pulang ke Persija. Di satu sisi, Penang, ingin meneruskan kerja sama dengan pemain 26 tahun tersebut.

Terlepas dari kondisi yang dihadapi, tak ada salahnya Ryuji mengambil kesempatan. Berikut alasan logis yang patut dipikirkan Ryuji untuk mentas ke luar negeri.

Baca Juga:
Panas, Momen Cesc Fabregas Lempar Pizza ke Muka Sir Alex Ferguson

1. Liga Korea Selatan Lebih Kompetitif

Penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

Menjadi bidikan klub-klub dari kontestan Korea League adalah sebuah kesempatan besar. Sebab, tak banyak pemain-pemain Indonesia yang bisa berkompetisi di negeri Ginseng itu.

Paling diketahui adalah Asnawi Mangkualam. Terkini, eks pemain PSM Makassar itu tengah bermain untuk Ansan Greeners di K2 League.

Baca Juga:
Kisah Christian Eriksen, Pahlawan Denmark Kini 'Ditolak' di Liga Italia

Dengan adanya Ryuji di Liga Korea, akan menambah pemain Indonesia yang berpartisipasi di luar negeri. Belakangan, selain di Korea Selatan, ada sejumlah pemain yang bermain di Eropa.

2. Punya Atribut Komplet

Ryuji Utomo berlatih dengan Penang FC. (Instagram/@penangfcofficial)

Sebagai pesepak bola, Ryuji punya atribut komplet. Kendati berposisi natural sebagai bek tengah, eks pemain Arema FC ini juga bisa menjadi gelandang bertahan.

Baca Juga:
5 Kekalahan Telak Bayern Munchen, Dua Kali Kebobolan Setengah Lusin Gol

Secara postur, Ryuji juga dirasa cukup bersaing dengan para pemain di Liga Korea Selatan. Ryuji juga apik dalam duel udara dan one on one.

3. Berlabel Pemain Timnas

Ryuji Utomo sudah bergabung di dalam training camp (TC) Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). (Dok. PSSI).

Sudah sejak 2017 silam, Ryuji sudah bermain untuk Timnas Indonesia. Ketika itu, ia bermain di ajang SEA Games dan sukses ikut menyabet medali perunggu.

Baca Juga:
Link Live Streaming French Open 2021: Perang Saudara Minions vs Fajar/Rian

Terkini, Ryuji juga sudah naik kelas. Saat menjalani babak play off kualifikasi Piala Asia 2023, ia menjalani pertandingan saat jumpa China Taipe.

Adapun, indikasi klub luar meminang seorang pemain adalah catatan bermain di tim nasional. Dan Ryuji punya catatan itu.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More