Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Bolatimes.com - Langkah Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 belum terhenti. Skuat 'Garuda Muda' akan memainkan leg kedua pada Jumat (29/10/2021) malam WIB, melawan Australia U-23.

Indonesia memang menelan kekalahan 2-3 di leg pertama, namun bukan berarti peluang Skuat 'Garuda Muda' melaju ke fase berikutnya sudah tertutup.

Secara hitung-hitungan, Indonesia akan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2022 jika mampu menang 2-0 karena di Kualifikasi Piala Asia U-23 tak mengenal gol tandang.

Baca Juga:
3 Peluang Rotasi Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Leg Kedua

Dari sekian banyak pemain yang dibawa Shin Tae-yong, ada beberapa pemain yang belum bermain tetapi patut dicoba diturunkan untuk mencoba mengalahkan Australia. Berikut ulasannya.

1. Beckham Putra

Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sosok pemain muda asal Persib Bandung ini belum diturunkan Shin di leg pertama. Kehadirannya di lini tengah bisa menjadi solusi Timnas Indonesia U-23 dalam menguasai dan mengalirkan bola.

Baca Juga:
Liverpool Diminta Tak Usah Gegabah soal Kontrak Baru Mohamed Salah

Pasalnya, salah satu kesulitan Timnas Indonesia U-23 di leg pertama adalah menguasai bola dan mengalirkan bola. Di pertemuan pertama, Shin Tae-yong memasang tiga winger dan satu pemain jangkar di lini tengah.

2. Irsan Lestaluhu

Sektor bek sayap khususnya sisi kiri pertahanan Indonesia menjadi sektor yang cukup sering di serang Australia di leg pertama. Pratama Arhan sebetulnya tampil apik, namun dia nampak kesulitan menghadapi serangan bertubi.

Baca Juga:
5 Pemain Top yang Kalah di Final Liga Champions & Piala Dunia di Tahun Sama

Kesulitan itu membuatnya juga jarang ikut membantu serangan. Shin bisa merotasinya dengan Irsan Lestaluhu yang punya kemampuan sama baiknya. Terlebih, Pratama Arhan mendapat kartu kuning di leg pertama dan terlihat sedikit pincang usai laga.
 
Untuk mendapatkan kaki yang lebih segar, Irsan punya kelincahan dan bisa ikut membantu dalam proses membangun serangan.

3. Eka Febri Setiawan

Gelandang PSIS Semarang, Eka Febri Setiawan. (Dok. LIB)

Tugas memutus serangan pertama lawan di lini tengah diserahkan Rachmat Irianto di leg pertama. Namun, Shin Tae-yong sepertinya bisa merotasinya dengan pemain PSIS Semarang, Eka Febri Setiawan, yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Baca Juga:
Akui Dirinya Gay, Josh Cavallo Banjir Dukungan

Rachmat Irianto bisa dikembalikan ke posisi aslinya sebagai bek tengah, Shin bisa mencoba menduetkannya dengan Rizky Ridho yang merupakan tandemnya di Persebaya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More