Rauhanda Riyantama
Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (13/9/2019). (Dok. Bhayangkara FC)

Bolatimes.com - Paul Munster yang kini jadi pelatih Bhayangkara FC sedang digosipkan diincar oleh Cardiff City. Rumor dirinya dilirik klub kasta kedua Liga Inggris itu muncul setelah manajemen klub berpisah dengan pelatih Mick McCarthy dan asistennya Terry Connor.

Nama Paul Munster pun masuk sebagai salah satunya. Hal ini seperti disampaikan jurnalis asal Britania Raya, Will Unwin yang mengabarkan rumor adanya nama Munster yang tengah dipertimbangkan Cardiff City.

"Jika Anda menyukai rumor manajerial sayap kiri: Paul Munster sedang dipertimbangkan untuk menjadi pelatih kepala baru Cardiff City karena mereka ingin mengambil pendekatan yang berbeda," tulis Unwin di Twitter pribadinya.

Baca Juga:
Pacar Boateng Valentina Fradegrada, Master Kungfu Pencipta Bikini Terbalik

"Dia saat ini bertanggung jawab atas Bhayangkara yang berada di puncak liga Indonesia dan sebelumnya bekerja di Swedia & India," sambungnya.

Menanggapi rumor ini, Paul Munster enggan menanggapi. Mantan juru formasi Timnas Vanuatu tersebut memilih fokus menukangi Bhayangkara FC.

"Saya enggak tahu berita itu datang dari mana. Sekarang saya fokus ke Bhayangkara FC karena berita dari media kadang benar, kadang salah," ujar Paul Munster saat konferensi pers virtual, Kamis (27/10/2021).

Baca Juga:
Kisah Mohamed Salah, Disanjung di Mesir hingga Masuk Kurikulum Sekolah

Penasaran siapakah sosok sebenarnya Paul Munster? Berikut profil selengkapnya.

Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster (tengah) dan pemainnya Indra Kahfi (kanan) dalam jumpa pers sehari jelang pertandingan melawan Tira-Persikabo, Jumat (18/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).

Profil Paul Munster

Munster sudah cukup lama berada di Indonesia. Per Agustus 2019, pria asal Irlandia Utara ini mengusi kursi juru latih The Guardian.

Baca Juga:
Siap Comeback, Ini Rencana Shin Tae-yong untuk Kalahkan Australia

Munster datang di pertengahan musim Liga 1 ketika itu. Dirinya menggantikan Alfredo Vera yang berpisah jalan dengan Bhayangkara.

Menilik karier kepelatihan Munster, pelatih 39 tahun itu sebelumnya melatih Timnas Vanuatu. Negara yang disebutkan barusan pernah beruji tanding dengan Timnas Indonesia.

Omong-omong soal kepindahannya ke Bhayangkara, Munster sempat bikin geger publik Vanuatu. Sebab, dirinya resmi mengundurkan diri dan memilih menerima pinagan Bhayangkara.

Baca Juga:
Daftar Kekalahan Telak Para Pelatih, dari Klopp hingga Solskjaer

Di Timnas Vanuatu, Munster juga punya prestasi. Dua di antaranya adalah saat dia mendampingi anak asuhnya menang agregat 25-0 (Menang atas Tonga 14-0 dan Samoa 11-0).

Munster sejatinya baru satu tahun membesut Vanuatu. Pria yang semasa menjadi pemain sepak bola pernah main di Slavia Prauge itu ditargetkan lolos Olimpiade Pasifik namun gagal.

Di Bhayangkara sendiri, Munster berhasil menjadi pelatih yang membawa anak asuhnya bertengger di posisi keempat klasemen 2019.

Oleh capaian itu, Munster diganjar kontrak baru pada musim 2020. Hanya, karena pandemi, pekerjaannya baru berjalan tiga pertandingan dengan belum terkalahkan.

Di Liga 1 2021, Paul Munster tengah moncer bersama Bhayangkara FC. Bersamanya tim berjuluk The Guardian kini ada posisi puncak klasemen sementara dengan koleksi .22 poin dari sembilan pertandingan.

Load More