Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Australia dengan skor 2-3 di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021). Begini hitung-hitungan agar Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2022.

Seperti diketahui pertandingan melawan Australia berlangsung dua leg menyusul mundurnya China dan Brunei Darussalam. Berikutnya, kedua tim ini akan saling berhadapan pada 29 Oktober 2021 di stadion yang sama.

Dalam regulasi Piala Asia U-23 2022 yang berlaku juga di babak kualifikasi, seperti dikutip dari laman AFC, Timnas Indonesia U-23 bakal lolos otomatis andai mengalahkan Australia 2-0 atau dengan selisih dua angka.

Baca Juga:
Rekap Hasil Piala Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol hingga DFB Pokal

Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. (dok. PSSI).

Adapun di Kualifikasi Piala Asia U-23 tidak mengenal gol tandang. Jika nantinya, Timnas U-23 menang 1-0 pun pertandingan langsung ditentukan pemenangnya melalui adu penalti, bukan perpanjangan waktu.

Dalam regulasi Piala Asia U-23 2022 ayat ketujuh tentang kompetisi disebutkan sejumlah tim yang memperoleh poin sama di fase grup akan ditentukan dengan berbagai kriteria.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 dan Australia berada di Grup G yang tadinya juga bersama China serta Brunei Darussalam.

Baca Juga:
3 Kelemahan Australia yang Bisa Dimanfaatkan Timnas Indonesia U-23

Mengingat telah mundurnya China dan Brunei Darussalam, maka regulasi disederhanakan menjadi selisih gol, agresivitas gol, dan tendangan penalti. Semula ada head to head jika peserta grup masih utuh.

Nah, berapapun skor kemenangan Timnas Indonesia U-23 melawan Australia nanti, bila hanya berselisih satu gol harus dituntaskan lewat penalti.

Sementara kemenangan selisih lebih dari satu angka bakal membuat skuad Merah Putih otomatis lolos karena unggul selisih gol atas Australia.

Baca Juga:
Profil Jacob Italiano, Gelandang Liga Jerman yang Jebol Gawang Timnas U-23

Sementara bagi Australia hasil imbang sudah bisa membawa mereka ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan. Seperti diketahui, hanya juara Grup G yang dapat lolos ke putaran final tahun depan.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Tampil Apik saat Hadapi Australia

Load More