Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia U-23, Taufik Hidayat. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia saat berjumpa pada leg pertama babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Saat kedua tim bertanding di Republican Central Stadium, Tajikistan, Selasa (26/10/2021), timnas Indonesia U-23 tumbang dengan skor 2-3 dari Australia.

Tiga gol skuad Australia dicetak oleh Marc Tokich (55’), Patrick Wood {60’), dan Jacob Italiano (79’). 

Baca Juga:
Karra Syam Dibuat Terharu Nonton Laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia

Sementara itu, dua gol balasan yang dicetak oleh skuad Garuda Muda disumbangkan oleh Witan Sulaeman (69’) dan Taufik Hidayat (85’).

Sepanjang pertandingan bergulir, Australia memang jauh lebih unggul ketimbang timnas Indonesia U-23.

Dari segi penguasaan bola, anak asuh Trevor Morgan itu unggul 72% berbanding 28% milik Indonesia. Bahkan, catatan shots on target juga sangat kontras.

Baca Juga:
Dapat Kartu Kuning Konyol di Laga PSIS vs Persib, Marc Klok: Wasit Gila

Australia sukses mencatatkan delapan kali shots on target, sementara skuad Garuda Muda hanya bisa menciptakan dua kali tembakan tepat sasaran.

Terlepas dari hasil itu, sejumlah pemain timnas Indonesia U-23 mencatatkan penampilan yang cukup impresif pada pertandingan ini.

Kontribusi mereka di atas lapangan patut mendapatkan kredit khusus. 

Baca Juga:
Via Vallen Pakai Jersey Cristiano Ronaldo, Netizen: Obat Sakit Hati

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain yang tampil impresif saat timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia U-23.

1. Taufik Hidayat

Striker Timnas Indonesia U-23, Taufik Hidayat. (Dok. PSSI)

Taufik Hidayat menjadi salah satu pemain yang berhasil membayar tuntas kepercayaan yang diberikan oleh Shin Tae-yong pada laga melawan Australia U-23.

Baca Juga:
Video Detik-detik Gol Witan Sulaeman, Netizen Ribut Mirip Messi atau Salah

Meskipun bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-70, tetapi Taufik Hidayat sukses mencatatkan sejumlah kontribusi.

Salah satunya yakni mencetak satu gol untuk memangkas defisit gol dari Australia ketika pertandingan memasuki menit ke-85.

Satu gol ini juga berarti penting karena skor akhir berubah menjadi 2-3. Sebab, selisih satu gol ini masih memberikan asa bagi skuad Garuda Muda untuk mengejarnya pada laga leg kedua.

2. Witan Sulaeman

Pemain Timnas U-22 Witan Sulaeman beraksi bersama rekannya setelah mencetak gol kedua ke gawang Malaysia dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Dibandingkan dengan seluruh pemain yang tampil penuh pada laga ini, Witan Sulaeman menjadi salah satu yang terbaik.

Selain dipercaya untuk tampil selama 2x45 menit, Witan Sulaeman memiliki banyak kontribusi, utamanya di sektor lini serang.

Witan juga berhasil mencetak gol untuk memangkas ketertinggalan ketika timnas Indonesia U-23 tertinggal 0-2 dari Australia. 

Sebetulnya, kontribusi Witan tak hanya di wilayah penyerangan. Sebab, ketika membantu pertahanan, Witan juga mencatatkan sejumlah bantuan.

Sepanjang tampil selama 90 menit, Witan sukses mencatatkan tiga kali intersep dan tujuh kali tekel sukses di sektor pertahanan.

Kontribusi ini terhitung impresif lantaran posisinya sebagai winger, tetapi juga ikut membantu rekan-rekannya menggalang pertahanan.

3. Ernando Ari Sutaryadi

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)

Meskipun kebobolan tiga gol pada pertandingan ini, tetapi penampilan Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang layak mendapatkan apresiasi.

Sebab, Ernando tercatat mampu menggagalkan sejumlah peluang emas yang didapat oleh Australia.

Salah satu aksi impresif Ernando ialah menggagalkan sepakan penalti timnas Australia U-23 pada awal-awal pertandingan.

Selain itu, kiper Persebaya Surabaya ini juga sukses mencatatkan lima kali penyelamatan selama tampil 2x45 menit mengawal gawang skuad Garuda Muda.

Andai penampilan kiper berusia 19 tahun ini tak impresif, bukan tidak mungkin gawang timnas Indonesia U-23 kebobolan lebih banyak.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More