Irwan Febri Rialdi
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 memang kalah dari Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia, namun Ernando Ari Sutaryadi menjadi salah satu pemain 'Garuda Muda' yang patut diapresiasi penampilannya.

Pada laga yang berlangsung di Republican Central Stadium, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB itu, Timnas Indonesia kalah tipis dengan skor 2-3.

Ernando sebetulnya tampil apik di bawah mistar dengan melakukan berbagai penyelamatan penting. Salah satunya saat menghalau tendangan penalti Patrick Wood di menit keempat babak pertama.

Baca Juga:
Usai Timnas U-23 Kalah, Pencetak Gol Australia Diserang Netizen Indonesia

Penampilan apik ini menunjukkan bahwa Indonesia punya stok penjaga gawang muda berbakat untuk masa mendatang. Berikut profil Ernando yang dilansir dari berbagai sumber.

Profil Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Sutaryadi (@nandoaris_/Instagram)

Sosok yang punya postur 177 cm ini merupakan pemuda kelahiran Semarang, 27 Februari 2002. Perkenalan Ernando dengan sepak bola lantas terjadi saat dia duduk di kelas 1 SD.

Baca Juga:
Timnas U-23 Kalah dari Australia, Egy Maulana Fikri: Masih Ada Leg Kedua

Tak seperti posisinya sekarang, dulu Ernando bermain sebagai seorang penyerang. Baru ketika menginjak kelas 3 SD, dia berpindah posisi menjadi kiper.

Karier profesional Ernando dimulai ketika dia bergabung dengan Persebaya Surabaya Junior pada 2018. Ernando tampil di Elite Pro Academy Liga 1 U-16.

Di tahun tersebut, nama Ernando mulai mencuri perhatian usai tampil apik bersama Timnas Indonesia U-16. Dia dipanggil oleh pelatih Fakhri Husaini dan berhasil membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2018.

Baca Juga:
Happy Ending Prahara Rumah Tangga Wanda-Icardi, Katanya Udah Lelah Nangis

Di tahun 2018 tersebut, Ernando juga memperkuat Indonesia U-16 di Piala Asia 2018. Namun, sayangnya langkah Indonesia terhenti di babak perempat final usai dikalahkan Australia U-16.

Nama Ernando kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-18 di ajang Piala AFF U-18 2019. Ernando berhasil membawa Indonesia meraih posisi ketiga.

Setelah berbagai pengalaman dan penampilan apik yang ditunjukan, sosok yang kini berusia 19 tahun tersebut mendapat kepercayaan dari pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Baca Juga:
Persib Bandung Kalahkan PSIS, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Ernando Ari Sutaryadi menjalani debut di tim senior Persebaya pada 7 April 2021 saat melawan PSS di Piala Menpora 2021.

Karena penampilan apiknya di sana, Ernando Ari Sutaryadi terus mendapat kepercayaan dari Aji Santoso. Dia dipercaya tampil di Liga 1 2021 dan kini sudah mencatatkan 5 penampilan di kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia.

Saat ini Ernando Ari Sutaryadi masih menjalani tugas bersama Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Mereka akan menghadapi leg kedua melawan Australia U-23 pada Jumat (29/10) pukul 19:00 WIB.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More