Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dalam hitungan jam, Timnas Indonesia U-23 akan bersua Australia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 grup G. Siapakah pemain dari kubu Garuda yang berpotensi menjebol gawang negeri Kanguru?

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam pertandingan grup G yang berlangsung dua leg yakni pada tanggal 26 dan 29 Oktober 2021.

Pertandingan dua leg ini sendiri dilakukan menyusul mundurnya China dan Brunei Darussalam dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Baca Juga:
Jadwal French Open 2021 Hari Ini, Gregoria Mariska hingga Fajar/Rian Tampil

Kemenangan atas Australia U-23 pun menjadi harga mati bagi skuad Garuda Muda jika ingin bisa berpartisipasi di Piala Asia U-23 2022 yang berlangsung di India.

Pasalnya, AFC selaku induk sepak bola Asia, telah menghapus tiket Runner Up untuk grup G seiring mundurnya China dan Brunei Darussalam.

Salah satu cara untuk meraih kemenangan tentunya adalah dengan mencetak gol. Sejauh ini, Timnas Indonesia U-23 telah membuktikan ketajamannya dalam mencetak gol saat beruji coba menghadap Tajikistan U-23 dan Nepal U-23.

Baca Juga:
3 Hal yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 dari Australia

Dengan hasil uji coba tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih merasa cukup percaya diri Timnas Indonesia U-23 bisa memberi perlawanan kepada Australia, terutama dalam mencetak gol.

Jika dilihat dari hasil uji coba dan komposisi pemainnya, kira-kira siapa pemain Timnas Indonesia U-23 yang bisa menjebol gawang Australia nanti?

1. Hanis Saghara

Baca Juga:
3 Alasan Manchester United Langsung Melejit jika Dilatih Antonio Conte

Pemain Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (kanan) berebut bola dengan pemain Jepang U-19 Daiki Hashioka (kiri) dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Mantan pemain Timnas Indonesia U-19 ini menjadi pemain yang paling bersinar di dua laga uji coba Timnas U-23 saat melawan Tajikistan dan Nepal. Dalam dua laga uji coba itu, Hanis Saghara berhasil mencetak gol.

Dengan pengalamannya yang bermain di level teratas Indonesia di usia yang kini relatif muda, ia diprediksi akan jadi ujung tombak saat menghadapi Australia nanti.

2. Bagus Kahfi

Baca Juga:
Kevin/Marcus Lolos ke 16 Besar French Open 2021 Tanpa Harus Bertanding

Shella Bernadetha semringah Bagus Kahfi antarkan Timnas menang. (Instagram/@shellabernadetha)

Penyerang muda potensial milik FC Utrecht ini memang diprediksi akan menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Australia U-23.

Dalam laga uji coba lalu, Bagus Kahfi berhasil mencetak satu gol ke gawang Tajikistan. Selain itu, ia punya pengalaman bermain melawan pemain-pemain kelas Eropa yang diyakini akan berguna saat menghadapi Australia nanti.

3. Ramai Rumakiek

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Jika ada winger Indonesia yang bisa mengobrak-abrik pertahanan Australia kelak, maka jawabannya ada pada sosok Ramai Rumakiek.

Winger milik Persipura Jayapura ini dikenal akan kecepatannya. Selain itu, ia juga andal dalam mencetak gol. Hal ini terbukti saat pemain berusia 19 tahun ini mencetak gol ke gawang Taiwan pada debutnya di Timnas Indonesia senior.

4. Witan Sulaeman

Pemain Timnas U-22 Witan Sulaeman beraksi bersama rekannya setelah mencetak gol kedua ke gawang Malaysia dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Rabu (20/2/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Selain Ramai Rumakiek, Indonesia juga punya winger andal lainnya pada sosok Witan Sulaeman. Pemain berusia 20 tahun ini dikenal akan teknik olah bolanya dan juga ketajamannya dalam mencetak gol.

Sama seperti Rumakiek, Witan juga belum lama ini menorehkan tinta emas dengan mencetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia di level senior kala menghadapi Taiwan.

5. Beckham Putra

Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Beralih ke Second Line atau lini kedua, ada nama Beckham Putra yang bisa memberi ancaman untuk Australia, terutama dalam mencetak gol.

Gelandang muda Persib Bandung ini tengah moncer di level klub, di mana ia telah mencetak dua gol dalam enam laga yang dijalani Pangeran Biru di kancah BRI Liga 1 2021-2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More