Irwan Febri Rialdi
Pesepakbola Papua, Ricky Ricardo Cawor melakukan selebrasi usai membobol gawang tim Kalimantan Timur saat pertandingan semifinal cabang sepakbola putra PON Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). [ANTARA FOTO/Nova Wahyudi]

Bolatimes.com - Nama Ricky Ricardo Cawor mencuri perhatian publik di PON Papua 2021 cabang olahraga sepak bola putra. Penyerang sekaligus kapten Tim Papua ini keluar sebagai top skor.

Ricky Cawor tercatat mampu mencetak 11 gol sepanjang kompetisi. Tak cuma itu, gelar individu semakin terasa lengkap karena Papua berhasil meraih medali emas sepak bola putra.

Lagi-lagi aksi Ricky di laga final yang jadi penentu kemenangan Papua. Dia berhasil mencetak 2 gol kemenangan Papua atas Aceh.

Baca Juga:
PSIS Semarang Bantai Persik 3-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/22

Perolehan gol Ricky Cawor di PON Papua 2021 juga sekaligus mematahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Boaz Solossa dengan 10 gol di PON 2004.

Profil Ricky Ricardo Cawor

Ricky lahir di Merauke, Papua, pada 26 Januari 1998. Sebagai sosok kelahiran Papua, Ricky juga sudah berkenalan dengan sepak bola sejak kecil.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSS Sleman vs Barito Putera, Kick Off 18.15 WIB

Namun, Ricky sendiri tercatat tidak pernah mengikuti sekolah sepak bola (SSB). Ricky justru mengikuti ajang tarkam (tarik kampung) ketika usianya menginjak 15 tahun.

Ricky bergabung dengan tim bernama Gelora Putra FC. Di sana Ricky cukup moncer dengan beberapa kali menyabet gelar top skor.

Hal itu membuat nama Ricky Cawor mulai populer di Papua. Beberapa klub Liga 3 Papua mencoba meminangnya untuk bergabung.

Baca Juga:
Manchester United Tanding, Berikut Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini

Akhirnya pada 2017, Ricky bergabung dengan klub Liga 3 Papua, Persimer Merauke. Namanya semakin dikenal setelah bergabung dengan Persimer.

Kemudian setahun berselang, Eduard Ivakdalam--yang jadi pelatihnya di PON Papua--mengajaknya bergabung dengan Persemi Mimika untuk gelaran Liga 3 2018.

Kemampuan Ricky Cawor yang semakin berkembang membuat beberapa klub Liga 1 dikabarkan mulai tertarik untuk mendapatkan tanda tangannya.

Baca Juga:
Bagus Kahfi Dipanggil Timnas Indonesia U-23, Shella Bernadetha: Goodluck!

Akan tetapi, Ricky memutuskan untuk tak terjun lebih dulu ke jenjang profesional. Ricky mengaku ingin fokus lebih dulu ke gelaran PON Papua 2021.

Keputusan Ricky Cawor akhirnya terbayar tuntas. Selain medali emas untuk Papua, dia juga menyabet gelar top skor dengan koleksi 11 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More