Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia asal Papua, Boaz Solossa. [suara.com]

Bolatimes.com - Gelaran PON (Pekan Olahraga Nasional) cabang olahraga sepak bola putra sudah selesai. Tuan rumah Papua keluar sebagai peraih medali emas.

Emas didapatkan Papua usai mengalahkan Aceh di laga final dengan skor 2-0. Beberapa pemain pun mendapat sorotan karena menunjukkan penampilan menawan sepanjang kompetisi.

Hadirnya PON juga menjadi wadah bagi para pemain muda Indonesia untuk unjuk kebolehan. Tidak sedikit pemain-pemain jebolan PON yang bisa melanjutkan karier sebagai pemain profesional di Liga 1 bahkan hingga masuk ke Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Kisah Ousmane Dembele, Si Jorok Perusak Rumah Sewaan Milik Juergen Klopp

Berikut beberapa pemain Liga 1 yang merupakan jebolan PON.

1.  Boaz Solossa

Salah satu jebolan PON yang namanya paling mencuri perhatian adalah Boaz yang membela Papua di PON XVI Sumatera Selatan. Ketika itu usia Boaz masih 17 tahun.

Baca Juga:
Pole Dance sama Sahabat, Vanessa Angel Nyaris Kena Tendangan Kungfu Hustle

Boaz tampil memukau membawa Papua menjadi juara bersama dengan Jawa Timur. Penampilan Boaz membuat pelatih Timnas saat itu, Peter White, memanggilnya untuk ikut di Piala AFF 2004.

Padahal Boaz sendiri belum pernah bermain bersama klub di level senior. Di Piala AFF 2004 itu, Indonesia dikalahkan Singapura di laga final. Saat ini Boaz membela klub Borneo FC di Liga 1.

2. Bayu Gatra

Baca Juga:
6 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan Musim Ini, Ada FC Freiburg

Bersinar di PON XVIII Riau 2012 dan turut mengantarkan Kaltim meraih medali emas. Bayu Gatra dan Lerby Eliandry merupakan pemain unggulan tim pada waktu itu.

Bayu Gatra sempat membela beberapa klub Liga 1, mulai dari Putra Samarinda, Bali United, PSM Makassar, dan kini di Madura United.

3. Andik Vermansah

Baca Juga:
Dipagari Harga Fantastis, Rekam Jejak Pedri Sang Wonderkid Barcelona

Masih dari Jawa Timur, kali ini nama Andik Vermansah yang mencuri perhatian lewat penampilan apiknya di PON XVII Kalimantan Timur. Andik membawa Jawa Timur keluar sebagai peraih medali emas.

Andik lantas memperkuat Persebaya Surabaya, tempat kelahirannya. Andik beberapa kali berkarier di luar negeri dan kini bergabung di Bhayangkara FC. Andik juga sempat jadi andalan Timnas Indonesia baik di level kelompok umur dan senior.

4. Evan Dimas

Salah satu pemain jebolan PON yang sampai saat ini masih harum namanya adalah Evan Dimas. Meski gagal meraih emas di PON XVIII di Riau, Evan yang membela Jawa Timur mampu mencuri perhatian.

Evan yang saat ini membela Bhayangkara FC itu menjadi andalan di Timnas U-19 saat menjadi juara Piala AFF u-19 2013. Teranyar, dia menjadi kapten Timnas Indonesia yang kini dilatih oleh Shin Tae-yong.

5. Febri Hariyadi

Winger yang kini membela Persib Bandung itu pertama kali mencuat di gelaran PON XIX Jawa Barat pada 2016. Dia menjadi kunci keberhasilan Jawa Barat meraih emas sepak bola putra PON.

Febri lantas masuk ke tim utama Persib di tahun yang sama. Sejak saat itu Febri Haryadi beberapa kali mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More