Irwan Febri Rialdi
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Perjuangan Timnas Indonesia U-23 pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G akan segera dimulai.

Satu-satunya lawan yang akan dihadapi Indonesia U-23 di babak itu adalah Australia U-23. Dua kontestan lain, Brunei Darussalam dan China, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Adapun, laga kualifikasi ini berlangsung di Tajikistan dalam sistem gelembung. Pertandingan Indonesia U-23 melawan Australia sendiri berlangsung pada 30 Oktober 2021.

Baca Juga:
Anak Bos Arema FC Dapat Kado Kue Raksasa di Hari Ulang Tahunnya

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan Timnas Indonesia U-23 bisa mengalahkan Australia.

1. Kondisi Internal Australia Tak Bagus

Salah satu faktor yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia U-23 saat bersua Australia adalah kondisi dari tim lawan yang tak bagus. Saat ini kursi kepelatihan Australia U-23 kosong.

Baca Juga:
Tetap Ngegym saat Hamil Muda, Nikita Willy Tuai Perhatian

Pelatih sebelumnya, Graham Arnold, memutuskan mundur setelah Australia menelan hasil minor di Olimpiade Tokyo 2020.

Di ajang itu, Australia cuma meraih satu kemenangan dan dua kali kalah. Saat ini kursi kepelatihan diisi oleh asisten pelatih Gary van Egmond.

2. Sejumlah Timnas Indonesia U-23 Sedang On fire

Baca Juga:
China Mundur, Timnas U-23 Hadapi Australia 2 Kali di Kualifikasi Piala Asia

Dari segi mental, Timnas Indonesia U-23 punya modal apik karena beberapa pemain yang dipanggil sebelumnya membela timnas Indonesia di ajang playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di ajang tersebut, Indonesia lolos ke babak kualifikasi setelah menang agregat 5-1. Sejumlah pemain Indonesia U-23 tampil apik seperti Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memanggil penyerang muda Indonesia yang saat ini merumput bersama FC Utrecht, Amiruddin Bagus Kahfi, untuk laga melawan Australia.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos ke Piala Asia U-23 2022

3. Faktor Shin Tae-yong

Racikan taktik Shin Tae-yong kini semakin terlihat progresnya di Timnas Indonesia. Selain di timnas senior, Shin juga berpengalaman menangani tim nasional kelompok usia.

Shin pernah membawa Korea U-23 menuju final Piala Asia U-23 2016, meski akhirnya kalah 2-3 dari Jepang.

Pengalaman Shin Tae-yong sebagai pelatih di kelompok umur dan senior ini bisa menjadi faktor lainnya untuk Indonesia bisa mengalahkan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Kontributor: Aditia Rizki

 

Load More