Minggu, 05 Desember 2021
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:15 WIB

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru-baru ini melakoni sesi wawancara dengan media Korea Selatan (Korsel), Khan, usai hasil positif Timnas Senior Indonesia melawan Taiwan. Dalam percakapan itu, ia  mengaku bangga bisa menukangi Timnas Indonesia.

Skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia--memang bermain bagus dalam dua leg melawan Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Armada Shin Tae-yong menang dengan agregat mencolok 5-1.

Tak cuma itu, secara statistik Timnas Indonesia juga istimewa. Skuad Garuda bahkan selalu menguasai ball possession di atas 70 persen dalam dua laga tersebut.

Kedua kemenangan itu, merupakan yang pertama bagi Timnas Senior Indonesia dalam laga internasional resmi semenjak 2019.

Menanggapi hasil positif ini, Shin Tae-yong mengaku senang melihat anak-anak asuhanya bangga dari hasil yang diraih ketimbang prestasi individu.

"Hasil terbesar saya ialah pemain Indonesia mulai mendapatkan kebanggaan dibandingkan pencapaian individu. Mereka bangga, saya juga bangga. Sepakbola Indonesia telah membuat saya bangga," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari Khan, Rabu (13/10/2021).

Shin pun melihat ada banyak potensi dari pemain-pemain Indonesia. Ia mengaku baru benar-benar melihatnya saat memantau langsung pertandingan di BRI Liga 1.

"Liga di sini sempat ditunda karena COVID-19, tapu kini sudah berjalan lagi. Saya lihat banyak pemain Indonesia secara keseluruhan memiliki skill yang sangat baik," tutur Shin.

Usai berhasil mengamankan tiket ke kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong sendiri kini mengalihkan fokus keTimnas Indonesia U-23.

Adapun skuad Garuda Muda --julukan Timnas U-23-- akan menggelar training camp (TC) di Tajikistan sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 2022 mulai 27 Oktober mendatang.

Di babak kualifikasi ini, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup G bersama Australia, China, serta Brunei Darussalam. Namun, dua tim terakhir dilaporkan sudah menarik diri dari kualifikasi.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

BACA SELANJUTNYA

Shin Tae-yong Tanamkan ke Pemain Supaya Berpikir Sebagai Calon Juara