Arif Budi Setyanto
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dijuluki media Korea Selatan sebagai Guus Hiddink. Hal itu terjadi setelah skuat Garuda berhasil meraih tiket ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia harus melewati babak playoff untuk melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023. pada playoff ini, Evan Dimas cs bertemu dengan Taiwan dalam laga yang berlangsung dua leg.

Hasilnya sungguh memuaskan karena Indonesia sukses menang telak dengan agregat 5-1. Keberhasilan ini tak lepas dari peran Shin Tae-yong yang meramu strategi serta membawa perkembangan di dalam tim.

Baca Juga:
Kisah Eks MU John Cofie, Tandem Paul Pogba yang Pensiun di Usia 27 Tahun

Keberhasilan Shin Tae-yong membawa perubahan di tim Merah Putih kemudian jadi sorotan media Korea Selatan, Khan. Dalam laporannya, pelatih berusia 52 tahun ini dijuluki sebagai Guus Hiddink.

"Guus Hiddink-nya' Indonesia, Shin Taepyong. Dia membawa kemenanan pertama di level A setelah lebih dari satu tahun menjabat dan mengamankan tiket untuk Kualifikasi Piala Asia," tulis laporan tersebut.

"Shin mengambil tongkat estafet Indonesia pada Desember 2019. Memenangkan pertandingan pertama di tahun pertama dan 10 bulan masa jabatannya serta meraih dua kemenangan beruntun," imbuhnya.

Baca Juga:
Bikin Bangga, 5 Pemain Timnas Indonesia yang Berkiprah di Luar Negeri

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam jump pers sehari jelang melawan Taiwan (dok. PSSI).

Nah, julukan Guus Hiddink sendiri nampaknya mengacu kepada pengaruh pelatih asal Belanda itu ketika menangani Korea Selatan pada 2002 silam.

Sebab, Guus Hiddink sempat dielu-elukan publik Korea setelah berhasil membawa timnya menembus semifinal Piala Dunia 2002.

Berkaca dari itu, Shin Tae-yong yang kini sedang berusaha untuk mengembangkan sepak bola di Timnas Indonesia, lantas mendapatkan julukan Guus Hiddink dari media Korsel.

Baca Juga:
Bikin Messi Minder, Ini 30 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Ronaldo

Terlepas dari itu, Shin Tae-yong tak bisa bersantai setelah membawa Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebab, juru taktik Korea Selatan ini akan kembali memimpin pemusatan latihan di Tajikistan untuk Timnas U-23.

Rencananya pada 27 Oktober nanti, Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani laga Kualifikasi Piala Asia U23 2022 melawan Australia.

Baca Juga:
10 Fakta Benjamin Mendy, Bek Termahal Dunia Tersandung Kasus Pemerkosaan

Load More