Irwan Febri Rialdi
Penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Osas Saha (tengah) melepaskan tembakan dalam laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2019). [Suara.com/Arya Manggala]

Bolatimes.com - Kejutan datang dari klub kontestan Liga 2, AHHA PS Pati. Klub berjudul Jawav Army ini resmi memperkenalkan Osas Saha sebagai rekrutan anyar mereka.

Kabar ini disampaikan oleh AHHA PS Pati melalui akun Instagram resmi mereka pada Senin (11/10/2021).

Hadirnya Osas Saha menambah panjang daftar pemain eks Liga 1 atau pemain berpengalaman di AHHA PS Pati.

Baca Juga:
8 Pesepak Bola yang Gemari Serial Captain Tsubasa, Ada Legenda Barcelona

Hadirnya Osas Saha diharapkan bisa mendongkrak penampilan AHHA PS Pati yang belum apik di fase Grup C Liga 2. Dari 3 laga, mereka baru meraih 1 poin. Berikut profil Osas Saha

Profil Osas Saha

Osas Marvelous Ikpefua , atau dikenal sebagai Osas Saha lahir pada 20 November 1986 di Warri, Nigeria.

Baca Juga:
Kabar Baik, Pemerintah Beri Lampu Hijau Laga Liga 1 2021 Dihadiri Penonton

Saha sendiri banyak menghabiskan karier sepakbolanya di Indonesia. Menurut catatan Transfermarkt, Sebelumnya dia memulai karier di negara asalnya, Prime FC pada 2007.

Setelah itu dia pindah ke KF Elbasani, klub asal Albania pada 2008. Satu musim di sana, Osas Saha memulai petualangannya di Indonesia pada 2008.

Klub Indonesia pertama yang dibela Osas Saha di Indonesia adalah PSDS Deli Serdang. Dia tampil apik dengan mencetak 11 gol dari 21 laga. Kemudian dia pindah ke PSMS Medan.

Baca Juga:
China Mundur, Australia Jadi Lawan Tunggal Indonesia Kualifikasi Piala Asia

Tak cukup apik penampilan Saha di sana karena cuma mencetak 4 gol dari 15 laga. Dia akhirnya pindah ke PSAP Sigli pada 2010. Di sini dia menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 29 gol dari 26 laga.

Ketajamannya itu membuat PSMS Medan kembali merekrutnya untuk Indonesia Super League 2011/12. Saha tampil apik dengan kontribusi 19 gol dari 32 pertandingan.

Setelah dari PSMS, Osas Saha cukup sering pindah tim mulai dari Persepam Madura United, Persisam Putra Samarinda, Persiram Raja Ampat, Semen Padang, hingga Perseru Serui.

Baca Juga:
Intip Transformasi Tamara Bleszynski, Body Goals Curi Atensi!

Saha sempat berpetualang ke Malaysia dengan bergabung bersama Penang FA di tahun 2016. Namun, setelah hanya mencetak 5 gol di sana, Saha akhirnya kembali ke Indonesia.

Saha bergabung dengan Persija Jakarta pada 2018. Namun, saat itu dia tak dihitung sebagai pemain asing karena sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Mei 2018.

Di level tim nasional, pemain yang berposisi sebagai striker itu sebenarnya sempat mencuat di Nigeria.

Hal itu terbukti kala dia pernah dipanggil Timnas Nigeria pada jenjang U-17 hingga U-20. Namun tak pernah merasakan tampil bersama timnas senior.

Dia justru mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Osas Saha menjalani debutnya bersama Indonesia saat melawan Thailand pada September 2019 lalu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More