Rabu, 08 Desember 2021
Rauhanda Riyantama : Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:53 WIB

Bolatimes.com - Timnas Indonesia telah mendapatkan tiket untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 usai mengalahkan Taiwan di babak play-off dengan skor agregat 5-1. Lalu, siapa sih lawan Timnas Indonesia nantinya?

Tentu perjuangan anak asuhan Shin Tae-yong untuk tampil di babak utama Piala Asia 2023 tidak akan muda. Sejumlah tim kuat sudah menanti di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Akan ada 24 tim yang berjuang di babak ini. Nantinya, ke-24 tim ini akan dibagi ke dalam enam grup yang di isi masing-masing empat tim.

Adapun putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dimainkan pada 2022. Rencananya, pertandingan bakal menggunakan format home-away.

Skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- di babak ini ada di pot empat. Oleh sebab itu, tim Merah Putih akan berhadapan dengan tim-tim kuat dari pot 1, 2, dan 3.

Pot empat sudah dihuni oleh Timnas Indonesia, Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja atau Guam yang masih akan tampil di babak play-off.

Penentuan pot ini berdasarkan peringkat negara pada ranking FIFA yang segera diperbarui pada 21 Oktober 2021. Indonesia bisa bergeser dari pot empat andai nantinya ranking FIFA terbaru, poin tim Merah Putih bisa mengalahkan tim lainnya di pot tiga.

Adapun di pot pertama yang berpeluang menjadi lawan Timnas Indonesia yakni Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India.

Lalu untuk pot dua ada Tajikistan, Myanmar, Turkmenistan, Kuwait, Thailand, serta Filipina. Untuk pot tiga yakni Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Singapura, dan Malaysia.

Melihat skema tersebut sangat mungkin bagi Timnas Indonesia melawan tim-tim kuat. Oleh sebab itu, perjuangan Timnas Indonesia untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023 cukup berat.

Armada Shin Tae-yong harus menjadi juara grup atau minimal salah satu dari lima runner-up terbaik buat lolos ke babak selanjutnya.

Sementara di putaran final Piala Asia 2023 sudah menanti tim unggulan-unggulan. Itu seperti China yang akan jadi tuan rumah, Syria, Australia, Iran, Irak, Arab Saudi, Qatar, Oman, Jepang, Uni Emirat Arab, Vietnam, Korea Selatan, dan Lebanon.

Tim-tim tersebut merupakan juara dan runner-up terbaik yang didapat saat berlangsungnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Adapun Piala Asia 2023 akan berlangsung di China pada Juni 2023.

BACA SELANJUTNYA

Piala AFF 2020: Kekuatan Fisik Timnas Indonesia Terus Ditempa