Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memang meraih kemenangan 2-1 atas Taiwan di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) lalu. Kemenangan tipis itu belum membuat skuat Garuda dalam posisi yang aman untuk lolos.

Menghadapi Taiwan di leg pertama, anak asuh Shin Tae-yong berhasil tampil dominan. Timnas Indonesia mampu membuka keunggulan pada menit ke-16 berkat Ramai Rumakiek yang suskes mengolongi kiper lawan.

Rumakiek berhasil memperlihatkan aksi individu usai mendapatkan umpan silang Miftah Sani. Wonderkid Persipura Jayapura itu sangat tenang mengelabuhi lawan.

Baca Juga:
Fakta Jamie Carragher, Bek Legendaris Liverpool yang Tak Pernah Minum Kopi

Gol kedua Indonesia dicetak oleh Evan Dimas. Gol ini berawal dari umpan manis Kushedya Hari Yudo ke kotak penalti. kemudian disambar oleh sepakan kapten Timnas Indonesia yang muncul dari lini kedua.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Tim Merah Putih sejatinya berhasil mendapatkan banyak peluang dalam laga itu. Namun sayang, penyelesaian akhir dan bagusnya kiper lawan membuat timnas hanya mencetak dua gol.

Bukan hanya itu, fokus para pemain timnas juga disayangkan saat memasuki menit akhir pertandingan. Sebab, Indonesia yang mendominasi malah kecolongan gol dari Taiwan.

Baca Juga:
Momen Kiper Timnas Inggris Beri Assist Via Lemparan Maut ke Jack Grealish

Heng Pin Hsu berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan skuad Garuda saat menghadapi situasi set piece. Satu gol itu sangat berarti karena laga ini menggunakan sistem home away.

Di leg pertama itu, Indonesia berstatus sebagai tim kandang. Maka dari itu, Taiwan yang bertindak sebagai tim tamu kegirangan bisa menjebol satu gol, meski tampil buruk sepanjang laga.

Dengan situasi itu, posisi Timnas Indonesia masih belum aman di leg kedua nanti untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Oleh sebab itu, ada tiga skema atau skenario bagi anak asuh Shin Tae-yong agar mereka berhasil mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

Baca Juga:
Pamer Video saat Jogging, Dinar Candy Sensor Bagian Vitalnya

Timnas Indonesia. (PSSI)

1. Menang

Jika Indonesia berhasil menang menghadapi Taiwan di leg kedua dengan hasil berapapun. Otomatis skuat Garuda dipastikan lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Imbang

Baca Juga:
Cerita Tyson Fury Jadi Kiper saat Bocah, Badan Besarnya Tutupi Gawang

Hasil imbang di leg kedua cukup untuk membuat Timnas Indonesia lolos. Pasalnya, saat ini Evan Dimas dkk masih unggul agregat 2-1 dari Taiwan. Jadi, imbang dengan skor berapapun membuat skuat asuhan Shin Tae-yong akan melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. Kalah

Skema terburuk jika Indonesia kalah, masih ada harapan untuk lolos. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi.

Pada leg kedua ini, Timnas Indonesia akan menjadi tim tamu. Maka dari itu, jika Indonesia kalah dengan minimal selisih satu gol serta mencetak dua gol atau lebih (misal kalah 2-3, 3-4 atau seterusnya), mereka bisa menyingkirkan Taiwan.

Sebab, Indonesia berhak lolos dengan agregat gol tandang. Pasalnya, Taiwan sendiri hanya bisa mencetak satu gol ketika berstatus sebagai tim tamu.

Load More