Irwan Febri Rialdi
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan di leg pertama Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 nyatanya tak hanya mempermulus langkah skuad Garuda untuk leg kedua, melainkan juga menghadirkan fakta menarik.

Timnas Indonesia berhasil menggasak Taiwan di leg pertama Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan skor 2-1, Kamis (07/10/21).

Dalam laga yang berlangsung di Buriram, Thailand tersebut, Timnas Indonesia mencuri kemenangan berkat gol dari Ramai Rumakiek dan Evan Dimas.

Baca Juga:
5 Pemain yang Sering Masuk Nominasi Ballon d'Or, Ada yang Sampai 13 Kali

Adapun dua gol Timnas Indonesia sedikit ternoda dengan  gol balasan yang dicetak Taiwan di menit akhir waktu normal lewat Heng Pin Hsu.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia mengantongi modal berharga jelang leg kedua melawan Taiwan di babak Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10/21).

Di balik kemenangan skuad arahan Shin Tae-yong ini, terdapat fakta menarik di mana kemenangan atas Taiwan ini menjadi kemenangan perdana Timnas Indonesia di laga kompetitif dalam tempo 2 tahun 11 bulan terakhir.

Baca Juga:
Kini Bucin, Istri Bos AHHA PS Pati Sempat Protes Dijodohkan Ashanty

Terakhir kali Timnas Indonesia merasakan kemenangan di ajang kompetitif terjadi saat Bima Sakti berstatus pelatih sementara, yakni pada gelaran Piala AFF 2018 saat menumbangkan Timor Leste dengan skor 3-1 pada 13 November.

Selain itu, kemenangan atas Taiwan juga merupakan kemenangan perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dalam 4 laga kompetitif yang telah dijalani.

Di 3 laga kompetitif sebelumnya, Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong tak pernah menang dengan catatan 1 hasil imbang dan 2 kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga:
5 Pemain Asing Pencetak Gol Terbanyak di Premier League, Salah Masih Kalah

Torehan bersama Shin Tae-yong ini juga belum termasuk 2 laga uji coba melawan Oman dan Afghanistan di mana Timnas Indonesia menelan kekalahan dalam laga tersebut.

Berpeluang Samai Catatan Alfred Riedl

Kini setelah memutus puasa kemenangan di ajang kompetitif dalam tempo 2 tahun 11 bulan, Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong berada di ambang rekor kala menghadapi Taiwan di leg kedua.

Baca Juga:
Witan Lanjut, Egy Maulana Vikri Belum Pasti Perkuat Timnas Indonesia U-23

Jika berhasil meraih kemenangan atas Taiwan di leg kedua, Shin Tae-yong akan membuat Timnas Indonesia untuk pertama kalinya meraih kemenangan beruntung  di 2 laga kompetitif sejak 2016.

Terakhir kali Timnas Indonesia merasakan 2 kemenangan beruntun itu terjadi pada Piala AFF 2016 kala diasuh Alfred Riedl.

Saat itu, Alfred Riedl membawa Timnas Indonesia menang atas Singapura di laga terakhir grup A dan menang di leg pertama semifinal atas Vietnam.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More