Irwan Febri Rialdi
Menyusul rekan setimnya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Kini Ilham Udin Armaiyn bergabung Selangor FA

Bolatimes.com - Ilham Udin Armaiyn mencuri perhatian. Dalam 4 laga yang sudah dijalaninya bersama PSM Makassar, pemuda aski Ternate ini sudah mengemas 3 gol.

Mencuatnya nama Ilham juga bukan tanpa alasan. Sebab, sejak bergulirnya Liga 1 2021, Ilham seperti menemukan kembali sentuhan yang telah lama hilang.

Profil Ilham Udin

Baca Juga:
Jadwal Serie A Italia Pekan Ini, Ada Derby Della Capitale

Ilham mulai dikenal publik saat dirinya sukses membawa Timnas U-19 juara Piala AFF 2013. Ketika itu, sepakan penaltinya ke gawang Vietnam, menjadi titik akhir perjuangan Garuda Nusantara.

Dari ajang itu, karier Ilham menanjak. Pelbagai ajang diikuti oleh pemain yang lahir pada 10 Mei 1996 ini. Kualifikasi Piala Asia, adalah salah satunya.

Bicara Kualifikasi Piala Asia, Ilham pernah menjadi bintang lapangan saat Timnas U-19 menggasak Korea Selatan. Kendati tak mencetak gol, nama Ilham jadi paling disorot lewat aksi assist dan aksinya di tepi sayap.

Baca Juga:
Angin Segar, Marcus Rashford Bisa Tampil saat Man United Hadapi Liverpool

Untuk karier di klub, memasuki 2015, Persebaya Surabaya merekrut Ilham. Hanya, karena ada konflik dualisme kompetisi, Ilham bergabung dengan Surabaya United dan bermain sebanyak 12 kali dengan torehan 3 gol.

Setelahnya, Ilham kemudian dipinjamkan ke Bali United. Hanya 4 laga yang dijalaninya tanpa mencetak gol.

Memasuki musim 2016, PS Polri yang berkompetisi di Indonesia Soccer Championship merekrutnya. Sayangnya, hanya 4 pertandingan pula yang dijalani Ilham tanpa mencetak gol.

Baca Juga:
Petinggi AHHA PS Pati Siapkan Bonus Besar jika Bisa Kalahkan Persis Solo

Pada musim 2017, saat sepak bola Indonesia bebas dari sanksi FIFA, Ilham kemudian bermain di Bhayangkara FC. Bersama The Guardian, Ilham mendapat menit bermain lebih dengan catatan 30 laga dan 9 gol.

Ilham juga turut serta membawa Bhayangkara juara musim itu. Dan pada akhirnya, dirinya diminati oleh klub Liga Super Malaysia, Selangor FA

Merantau ke negeri Jiran tak menjamin Ilham sukses. Sebab, selama 1 musim kompetisi, dia hanya turun gelanggang selama 16 kali dan mencetak 1 gol.

Alhasil, Ilham kembali pulang ke Bhayangkara di musim 2018/19. Tapi, bulan madu Ilham dengan Bhayangkara tak seindah dulu. Dia menjadi pilihan kedua dan hanya bermain 14 kali dengan tanpa mencetak gol.

Memasuki musim 2020, Ilham dilepas dan Barito Putera mengamankan jasanya. Hanya, karena pandemi corona, Ilham hanya bermain 3 kali untuk Laskar Antasari.

Memasuki musim 2021, Barito melepas Ilham ke PSM. Dan kini, Ilham kembali menemukan ketajamannya.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More