Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam belum lama ini membuat laporan bahwa tim asuhan Park Hang-seo punya presentase kemenangan tertinggi di Grup B Piala AFF. Namun, mereka ketar-ketir dengan rekor pertemuan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di sepanjang Piala AFF

Undian grup Piala AFF 2020 sudah digelar di Singapura secara virtual pada Selasa (21/9/2021) siang WIB. Hasilnya, Indonesia ada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Menyadur dari laporan thethao247 pada Rabu (22/9/2021), Vietnam yang berstatus juara bertahan dilaporkan punya presentase kemenangan tertinggi di antara empat negara lainnya.

Baca Juga:
Profil Ria Hughes, Kekasih Daniel James yang Baru Saja Lahiran

Dalam laporan itu disebutkan bahwa presentase kemenangan Vietnam melihat dari rekor pertemuan mencapai sebesar 56 persen. Hal itu wajar karena Vietnam punya rekor manis ketika berjumpa Malaysia. Kamboja, serta Laos.

Vietnam punya rekor tujuh kemenangan, tiga kali seri, dan tiga kekalahan ketika menghadapi Malaysia di Piala AFF. Ketika melawan Laos, Vietnam juga menang tujuh kali, sekali imbang, dan tak pernah kalah.

Rekor luar biasa juga dimiliki Vietnam ketika menghadapi Kamboja. Sebab, mereka sudah mengalahkan Kamboja sebanyak empat kali.

Baca Juga:
Aksi Gemilang Kiper Pelapis Liverpool, Selamatkan Penalti dengan 'Rabona'

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Nah, Indonesia sendiri disebut sebagai negara yang paling menyulitkan Vietnam. Sebab, rekor pertemuan Indonesia memang mentereng ketika berjumpa Golden Star Warriors.

Indonesia telah bertemu sebanyak sembilan kai dengan Vietnam di Piala AFF. Skuat Garuda berhasil meraih tiga kemenangan, lima kali seri, dan hanya sekali kalah.

Tentu ini menjadi modal baik bagi anak asuh Shin Tae-yong jelang Piala AFF 2020 mendatang. Namun, Timnas Garuda tak boleh besar kepala karena Vietnam sudah bertransformasi menjadi tim yang menakutkan.

Baca Juga:
Di Balik Kemenangan Dramatis Leeds, Ada Daniel James yang Bucin ke Istri

Vietnam sendiri merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam tergabung dengan negara kuat seperti Australia, Arab Saudi, Oman, Jepang, dan China.

Load More