Rauhanda Riyantama
Ronaldo Kwateh. (Dok. Madura United)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain muda potensial sukses tampil menggebrak pada awal kompetisi Liga 1 2021. Setidaknya, ada 4 nama yang mencuri perhatian saat mendapat kesempatan bermain.

Beberapa pemain muda di antaranya berhasil mencatatkan debut yang impresif di kompetisi level tertinggi. Padahal, saat itu usianya masih sangat muda.

Sementara itu, beberapa pemain lain justru berhasil mencetak gol debutnya di Liga 1 2021-2022. Berikut Bolatimes menyajikan daftar pemain muda yang berhasil tampil memukau pada awal kompetisi Liga 1 2021.

Baca Juga:
Kumpulan Komentar Kocak usai Man United Kalah dari Young Boys

1. Ronaldo Kwateh

Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh. (Instagram/ronaldokwateh7)

Ronaldo Kwateh menjadi salah satu pemain termuda yang ada di skuad Madura United untuk mengarungi Liga 1 2021-2022.

Saat usianya baru menginjak 16 tahun, Ronaldo Kwateh sudah mendapatkan kepercayaan dari pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

Baca Juga:
Kisah di Balik Nama Young Boys, Penghancur Man United di Liga Champions

Anak dari mantan pesepak bola asing, Roberto Kwateh ini, mencatatkan debutnya di level profesional pada laga pekan pertama Liga 1 2021-2022.

Pemain yang sempat dipanggil timnas Indonesia U-16 ini menjadi starter ketika Laskar Sappe Kerrab bertanding melawan Tira Persikabo.

Saat itu, dia baru berusia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari. Tentu, ini menjadi pencapaian istimewa untuk pemain seusianya.

Baca Juga:
10 Komentar Kocak Netizen usai Manchester United Dipermalukan Young Boys

2. Ramai Rumakiek

Pemain Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek. (Instagram/liga1match)

Pemain muda Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek, langsung tampil menggebrak pada laga pertama Liga 1 2021-2022.

Saat tim Mutiara Hitam ditantang Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, 28 Agustus 2021, Ramai Rumakiek sukses mencetak gol debut.

Baca Juga:
Jurgen Klopp pun Dibuat Takjub dengan Petenis Muda Emma Raducanu

Gol itu lahir setelah dia mendapatkan umpan silang matang dari penyerang asing Persipura, Yevhen Bokhasvili.

Sayangnya, satu gol yang dicetak pemain berusia 19 tahun itu belum cukup untuk menyelamatkan Persipura Jayapura dari kekalahan.

Sebab, pada akhir pertandingan, skuad Pendekar Cisadane sukses mempertahankan keunggulan mereka dengan skor 2-1 atas tim asuhan Jacksen F Thiago.

3. Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan (kiri) berusaha melewati pemain Timnas Kepulauan Mariana Utara U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia U-16 menang atas timnas Kepulauan Mariana dengan skor 15-1. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

Jika sebelumnya Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang mencatatkan penampilan di Liga 1 2021-2022, maka Marselino Ferdinan juga mencatatkan rekor tersendiri bersama Persebaya Surabaya.

Mantan pemain timnas Indonesia U-16 itu mendapat kesempatan untuk debut di Liga 1 2021-2022 saat Persebaya bertanding melawan Tira-Persikabo.

Dalam duel yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (11/9/2021) itu, Marselino diturunkan pelatih Aji Santoso pada menit ke-65.

Dia yang menggantikan Bruno Moreira itu baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 pada 9 September 2021.

Catatan yang dimiliki Marselino ini sukses mengungguli pencapaian yang sebelumnya diraih Mochamad Supriadi pada Liga 1 2019.

Sebab, saat itu Supriadi mencatatkan debutnya bersama Persebaya saat baru berusia 17 tahun dan 91 hari.

4. Bayu Mohammad Fiqri

Bayu Mohammad Fiqri. (Instagram/bayufkr_fan)

Pemain muda lain yang mencatatkan debut di kompetisi Liga 1 2021-2022 ialah Bayu Mohammad Fiqri.

Eks pemain Timnas Indonesia U-19 itu mendapat kepercayaan dari pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat menghadapi Barito Putera pada laga pekan kedua.

Pemain yang baru berusia 19 tahun ini sukses membayar lunas kepercayaan tim pelatih dengan bermain apik di sektor bek sayap kanan.

Posisi yang biasanya dihuni oleh Supardi Nasir ini sukses dijaga oleh Bayu. Bahkan, ia sering membuat lawan kesulitan untuk menembus pertahanannya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More