Rauhanda Riyantama
Hwang Hee-chan saat diperkenalkan sebagai pemain baru Wolves. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Hwang Hee-chan mencuri perhatian di Molineux Stadium. Pada laga Liga Inggris antara Wolverhampton Wanderers vs Manchester United, Minggu (29/8/2021), dia diperkenalkan sebagai pemain baru.

Wolves meminjam Hee-chan dari klub Bundesliga, RB Leipzig, selama satu musim dengan opsi transfer permanen melalui biaya 13 juta poundsterling atau Rp 256 milar.

Hee-chan memang belum turun membela Wolves di laga melawan Man United. Namun, besar kemungkinan Hee-chan akan turun di laga Liga Inggris selanjutnya melawan Watford pada Sabtu (11/9) malam WIB.

Baca Juga:
Profil Eldor Shomurodov, Striker Anyar AS Roma Pernah Gasak Evan Dimas Cs

Di sisi lain, Hee-chan adalah bagian dari skuat Timnas Korea Selatan U-19 yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat oleh Evan Dimas Darmono.

Kala itu, Korea Selatan kalah 2-3 dari Indonesia dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Profil Hwang Hee-chan

Baca Juga:
Jessica Iskandar Jadi Wanita Gym, Body Goals Bikin Gagal Fokus

Hwang Hee-chan merupakan sosok kelahiran Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan pada 26 Januari 1996. Dia mulai bermain sepak bola sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada 2008, Hee-chan menjadi top skorer dalam dua kompetisi junior nasional Korea Selatan  Hwarangdaegi Tournament dan Dongwon Youth Cup.

Hee-chan lantas masuk ke skuat Timnas U-12 Korea Selatan dan mencetak 22 gol di Kanga Cup. Berkat penampilan spektakuler itu, dia diganjar penghargaan Cha Bum-kun Award.

Baca Juga:
Egy Maulana Jalani Latihan Perdana bersama FK Senica, Ini Videonya

Setelah lulus dari sekolah dasar, Hee-chan masuk ke SMP Pohang Jecheol. Prestasi mentereng kembali ditorehkannya di jenjang ini, kemudian dia masuk ke SMA Pohang Jecheol.

Hee-chan awalnya ingin direkrut oleh klub Korea Selatan, Pohang Steelers. Namun, dia memilih bergabung dengan klub Austria, EB Salzburg pada 2014.

Di awal kedatangannya, Hee-chan dipinjamkan ke klub divisi kedua Austria, FC Liefering. Penampilan Hwang Hee-chan sangat menjanjikan dengan mencetak 13 gol dari 31 laga divisi kedua Liga Austria.

Baca Juga:
Egy Maulana Gabung FK Senica: Dijuluki Messi Indonesia Bikin Followers Naik

Di paruh kedua musim 2015/16, Hee-chan kembali ke Salzburg. Namun, dia dipinjamkan kembali ke Hamburg SV pada musim 2018/19 yang saat itu ada di divisi kedua Liga Jerman.

Total Hee-chan bermain selama empat musim di Salzburg dengan mencetak 45 gol dari 126 penampilan. Performa gemilang itu membuatnya ditransfer ke Leipzig pada musim 2020/21.

Di musim perdananya, dia tampil 18 kali di Bundesliga namun tak menorehkan satupun gol. Di ajang DFB Pokal, Hwang Hee-chan menunjukkan ketajamannya dengan tiga gol dan membawa Leipzig ke final.

Di musim 2021/22, Hee-chan sebetulnya masih jadi andalan Leipzig dengan turun di tiga laga. Namun, mereka memutuskan untuk meminjamkannya ke Wolves.

Di level Timnas, Hwang Hee-chan menjadi bagian Timnas Korea yang meraih medali emas di Asian Games 2018. Dia juga jadi top skorer Piala AFC U-16 2012.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More