Irwan Febri Rialdi
Marc Klok jalani latihan perdana bersama Persib Bandung. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Kabar baik akhirnya datang buat sepak bola Indonesia karena Liga 1 2021 resmi dimulai pada 27 Agustus 2021. Adalah partai Bali United vs Persik Kediri pukul 19:00 WIB yang akan jadi laga pembuka kompetisi kasta tertinggi Tanah Air musim ini.

Adapun venue pembuka berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Laga selanjutnya akan berlangsung pada Sabtu, 28 Agustus di Stadion Pakansari, Bogor antara Persipura Jayapura kontra Persita Tangerang.

Laga berlanjut pada Minggu 29 Agustus 2021 di Indomilk Arena, Tangerang, antara Persiraja Banda Aceh melawan Bhayangkara FC.

Baca Juga:
Profil Shin Sang-gyu, Calon Pelatih Fisik Baru Timnas Indonesia

Untuk menyambut kembali bergulirnya kompetisi sepak bola di Indonesia, berikut daftar 5 klub Liga 1 dengan market value termahal dari data yang disitat Transfermarkt per 15 Agustus 2021.

1. Persib Bandung

Persib menjadi klub Liga 1 dengan market value tertinggi menurut data Transfermarkt dengan total mencapai 4,98 juta euro atau setara Rp 84,37 miliar (kurs 27 Agustus 2021).

Baca Juga:
4 Tim Liga 1 2021/2022 dengan Rataan Usia Termuda

Menilik materi pemain yang dimiliki Maung Bandung, terbilang wajar jika mereka punya market value yang besar. Di sana ada nama Marck Klok yang punya market value hingga Rp 8 miliar.

2. Bali United

Di posisi kedua daftar klub Liga 1 dengan market value termahal adalah juara Liga 1 2019. Skuat besutan Stefano Cugurra itu ditaksir punya nilai skuat 4,80 juta euro atau Rp 8,13 miliar.

Baca Juga:
Daftar Pelatih Asing di Liga 1 2021/2022, Ada yang Dua Kali Juara

Gelandang asal Irak, Brwa Nouri, menjadi pemain Bali United dengan market value tertinggi yaitu Rp 7,6 miliar, disusul Willian Pacheco, dan Stefano Lilipaly.

3. Borneo FC

Skuat arahan Mario Gomez ini diperkirakan memiliki nilai skuat mencapai Rp 73 miliar. Tim yang finis di posisi ketujuh klasemen Liga 1 2019 ini punya Nuriddin Davronov dan Javlon Guseynov sebagai pemain dengan market value tertinggi.

Baca Juga:
Satu Grup dengan PSG dan Man City, Pemain RB Leipzig Langsung Garuk Kepala

4. Bhayangkara FC

Klub dengan market value tertinggi berikutnya adalah Bhayangkara FC dengan taksiran nilai skuat mencapai Rp 72 miliar.

Beberapa pemain kenamaan dan langganan Timnas macam Evan Dimas dan Adam Alis memperkuat tim yang bermarkas di Stadion PTIK tersebut.

5. Persebaya Surabaya

Menutup lima besar daftar klub Liga 1 dengan market value termahal adalah Persebaya yang ditaksir mencapai Rp 65 miliar.

Salah satu pemain dengan nilai pasar tertinggi Persebaya adalah rekrutan anyar mereka, Alie Sesay. Disusul oleh bek muda mereka, Rizky Ridho.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More