Minggu, 26 September 2021
Irwan Febri Rialdi : Kamis, 05 Agustus 2021 | 19:16 WIB

Bolatimes.com - Tidak banyak wasit asal Indonesia yang punya lisensi tinggi dan bisa mimpin laga-laga internasional, baik di level klub atau negara. Salah satu yang memilik itu adalah Thoriq Alkatiri.

Thoriq merupakan sosok kelahiran Kawarang pada 19 November 1988. Dulu Indonesia dikenal punya wasit berkualitas dunia dalam diri Jimmy Napitupulu, kini Thoriq dianggap sebagai penerusnya.

Pengalaman sebagai seorang pemain sepak bola nyatanya sempat dikecap oleh Thoriq sebelum terjun sebagai wasit. Dia pernah membela kesebelasan Purwakarta di Piala Soeratin U-17.

Cedera membuat harapan menjadi pemain pupus, sehingga Thoriq pada akhirnya mengambil kursus wasit pada 2006. Butuh waktu cukup lama sampai Thoriq akhirnya bisa memimpin laga besar di turnamen akbar.

Debut Thoriq Alkatiri sebagai pengadil di pertandingan divisi teratas Liga Indonesia hadir pada 2012. Saat itu Thoriq terbilang masih sangat muda untuk seorang wasit, 24 tahun, sehingga menjadi wasit paling muda di divisi utama.

Laga perdana yang dipimpin oleh Thoriq Alkatiri di ISL adalah partai antara Persegres vs Persidafon. Untuk pertandingan big match pertama yang dipimpin oleh Thoriq adalah laga antara Seriwijaya FC vs Persisam Samarinda.

Di usianya yang menginjak 25 tahun, Thoriq dipercaya untuk memimpin laga final Piala Gubernur Jatim pada 2013. Di tahun 2014, Thoriq mendapatkan lisensi sebagai wasit dari FIFA.

Sejak menjadi wasit berlisensi FIFA, karier Thoriq sebagai pengadil di atas lapangan semakin melejit. Dia menjadi salah satu wasit Indonesia yang akhirnya bisa memimpin laga di Liga Champions Asia.

Selama pandemi melanda Indonesia yang bikin kompetisi terhenti, Thoriq Alkatiri banting setir ke dunia bisnis. Kondisi tanpa kompetisi memang mekasa Thoriq untuk putar otak mendapatkan penghasilan.

Dia berjualan baju gamis pria. Thoriq mengusung merek Shahama yang khusus menjual baju-baju gamis untuk pria. Selain menjualnya secara online, Thoriq bersama rekannya juga membuka toko di daerah Pasar Rebo, Purwakarta.

Meski liga Indonesia belum juga berjalan, Thoriq Alkatiri sudah dipastikan bisa kembali bertugas sebagai wasit.

Bukan di Liga Indonesia, Thoriq akan menjadi pengadil di Piala AFC 2021. Selain Thoriq ada satu lagi wasit berlisensi FIFA asal Indonesia yang bakal memimpin laga Piala AFC 2021 yaitu Nurhadi Sulchan.

Keduanya bakal bertugas di babak play off dan penyisijan Grup D di Maladewa pada 14 hingga 15 Agustus 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

BACA SELANJUTNYA

Korea Utara Resmi Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini Alasannya