Irwan Febri Rialdi
Kiper Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo Dwi Saputro. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menjadi benteng pertahanan terakhir setiap tim sepak bola, kiper memiliki tanggung jawab besar agar jangan sampai timnya tertinggal jumlah gol. Tentu saja, selain skill yang mumpuni dalam membaca arah bola dan menangkap dengan sigap, kiper juga perlu memiliki postur tubuh yang bagus. Empat kiper tertinggi di Indonesia ini misalnya, selain memang memiliki kemampuan di atas rata-rata juga memiliki postur tubuh jangkung.

Siapa saja keempat kiper dengan postur jangkung ini? Simak daftarnya di bawah ini.

Empat Kiper Tertinggi di Indonesia

Baca Juga:
Daftar 11 Pemain yang Meninggalkan Persija Jakarta, Evan Dimas hingga Klok

4. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata saat mengikuti sesi latihan Bali United. (Dok. Bali United)

Kiper muda yang satu ini kini bermain untuk Bali United. Dengan postur tubuh mencapai 185 cm, ia masuk dalam salah satu kiper tertinggi di Indonesia. Sebelum bermain di Bali United, jasanya digunakan Borneo FC pada tahun 2018 lalu.

Berkat performanya yang impresif, Nadeo Argawinata kemudian dipanggil untuk mengisi skuad timnas U-22. Bakat muda yang menjanjikan, ya?

Baca Juga:
3 Alasan Belgia akan Menang Lawan Italia di Perempatfinal Euro 2020

3. Markus Haris Maulana

Eks Kiper Timnas Indonesia Markus Horison. [suara.com]

Lebih dikenal dengan sapaan Markus Horison, adalah kiper dengan postur tinggi selanjutnya. Kiprahnya dikenal luas sebagai benteng pertahanan kokoh terakhir Indonesia di bawah mistar gawang.

Dengan tinggi 186 cm, ia memiliki refleks yang sangat cepat. Ini mengapa namanya beberapa kali masuk dalam tim senior Merah Putih.

Baca Juga:
Kisah Tragis Jean-Pierre Adams, eks Bek Timnas Prancis yang Koma 39 tahun

Markus Horison juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen Piala Emas Bang Yos pada tahun 2006 silam, yang jadi bukti penampilannya bukan kaleng-kaleng.

2. Kurnia Meiga Hermansyah

Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]

Pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik sepanjang sejarah piala AFF, Kurnia Meiga memiliki tinggi tubuh 187 cm.

Baca Juga:
Mengapa Timnas Argentina Tak Memiliki Pemain Berkulit Hitam? Ini Sejarahnya

Tentu saja gelar tersebut bukan gelar sembarangan, karena ia disejajarkan dengan kiper legendaris lainnya. Ia sendiri adalah adik dari Ahmad Kurniawan, yang juga berkiprah di dunia persepakbolaan Indonesia.

1. Erlangga Setyo Dwi Saputro

Kiper Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo Dwi Saputro. (Dok. PSSI)

Dengan tinggi badan 192 cm, Erlangga Setyo Dwi Putranto dinobatkan sebagai kiper tertinggi di Indonesia. Pemuda asal Jember ini bahkan baru menginjak usia 18 tahun, dan sudah diberi kepercayaan untuk berlatih di Inggris selama 9 bulan oleh PSSI.

Harapan besar diletakkan di pundak pemuda ini, agar bisa menjadi penjaga gawang andalan Merah Putih di masa yang akan datang.

 

Itu tadi 4 kiper tertinggi di Indonesia yang diisi oleh pemain-pemain terbaik. Junior dan senior, tua dan muda, semua kiper selalu memiliki kekuatannya masing-masing dengan pengalaman yang dimiliki.

Load More