Rauhanda Riyantama
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) bersama Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita (kanan), dan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno. mengecek kesiapan Stadion Manahan Solo untuk perhelatan Piala Menpora, Rabu (10/3/2021). [Dok. PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka akan menggelar Piala Wali Kota Solo sebagai pemanasan jelang bergulirnya Liga 1 2021. Ia pun berharap turnamen tersebut bisa mendongkrak wisata di kotanya.

Piala Wali Kota Solo rencananya akan digelar ada 21 Juni mendatang di Stadion Manahan setelah mendapat izin dari pihak kepolisian. Untuk pembiayaan murni dari sponsor, bukan dari APBD Kota Solo.

"Semua pembiayaan dari sponsor termasuk untuk juaranya nanti. Yang jelas ditunggu saja, event ini untuk mengangkat wisata di Solo," ujar Gibran saat ditemui di Solo Techno Park (STP), Selasa (8/6/2021), dilansir dari Suara.com.

Baca Juga:
Body Goals Banget! Intip Deretan Olahraga yang Dilakukan Wika Salim

"Piala Wali Kota akan digelar 21-27 Juni 2021. Izin keamanan sudah turun juga," imbuhnya.

Piala Wali Kota Solo akan diikuti oleh delapan tim dari Liga 1 dan Liga 2. Delapan tim yang turut serta adalah Persis Solo, Rans Cilegon, PSG Pati, Dewa United, Bali United, Arema Malang, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

"Dari awal sudah bersedia dan timnya sudah fik itu. Untuk Bali United akan dipastikan lagi, kemarin pas ditanya ikut, tabrakan dengan Piala AFC atau tidak dan katanya tidak, ini mau dipastikan lagi," imbuh Gibran.

Baca Juga:
Sudah Dapat Izin, Piala Wali Kota Solo Resmi Digelar 21 Juni

Untuk sistem turnamen Piala Wali Kota nanti knock out atau sistem gugur. Ini biar cepat selesai, karena satu minggu sebelum gelaran Liga 1 bergulir sudah selesai.

"Sistemnya pakai knock out. Ini waktunya tidak mepet dengan kompetisi Liga 1, karena ada tim yang menyatakan akan ikut asalkan seminggu sebelum Liga 1 sudah selesai," sambungnya. 

Gibran pun memastikan Piala Wali kota akan digelar tanpa penonton dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk protokol kesehatan seperti pada gelaran Piala Menpora kemarin.

Baca Juga:
Lincah saat Pole Dance, Dewi Perssik Bikin Warganet Takjub

Load More