Rauhanda Riyantama
Para pemain pesepak bola Persipura melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang PSM Makasar pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (27/9/2019). Persipura menang atas PSM Makasar dengan skor akhir 3-1. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.

Bolatimes.com - Persipura Jayapura ikut mendukung format baru Liga 1 2021 di tengah pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, Liga 1 nantinya akan menggunakan format seri atau bubble to bubble.

Menurut pelatih Jacksen F. Tiago, hal tersebut cukup efektif dilakukan. Sebab sangat mendukung dari segi kesehatan. 

"Kalau saya, sebenarnya dalam masa pandemi, itu merupakan konsep cukup efektif. Bisa dilihat Liga Champions, Liga Europa. Dari aspek kesehatan itu hal positif," kata Jacksen dikutip dari kanal YouTube Persipura Jayapura, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga:
Jesse Lingard Dicoret, Berikut Daftar Skuat Timnas Inggris di Euro 2020

Lebih lanjut, Jacksen menilai sistem seri ini cukup adil. Juru taktik asal Brasil itu pun mengapresiasi keputusan setiap tim tidak akan tampil di kandangnya masing-masing.

"Saya cuma lihat satu hal dan beri apresiasi. Saya tidak bicara venue atau apa," tambah mantan pelatih Barito Putera tersebut.

"Yang saya salut, sepanjang kompetisi tidak ada tuan rumah dan tim bermain di markas. Itu dasar fair play meski di wilayah Jawa," ia menambahkan.

Baca Juga:
CLBK, Carlo Ancelotti Kembali Latih Real Madrid

Tidak hanya itu, Jacksen berharap kompetisi digelar konsisten tanpa penonton. Menurutnya, kehadiran penonton masih belum memungkinkan dilakukan di masa pandemi ini.

"Saya belum nyaman dengan penonton hadir. Alangkah baiknya ada kerja sama dengan TV, atau di channel Youtube, sehingga bisa menjangkau suporter. Supaya keamanan kita dan suporter," pungkasnya.

Sekedar mengingat, dalam rancangan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, setiap klub Liga 1 akan tetap melakoni 34 pertandingan di enam seri. Seri pertama dan keenam akan dilangsungkan di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Baca Juga:
Cedera ACL, Pebulu Tangkis Cantik Carolina Marin Absen di Olimpiade Tokyo

Seri kedua dan kelima akan berlangsung di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan seri ketiga dan keempat di Jawa Timur.

Adapun kick-off Liga 1 2021/2022 dijadwalkan pada 10 Juli mendatang. Masih bisa berubah tergantung hasil managers meeting antara PT LIB dengan perwakilan 18 klub Liga 1.

Baca Juga:
Ghea Youbi Asyik Tunggangi Siva Aprilia saat Bikin TikTok, Netizen Ngiler

Load More