Arsito Hidayatullah
Timnas Indonesia U-16 saat berlatih di pemusatan latihan di Bekasi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pihak PSSI melalui Plt Sekjen Yunus Nusi mengatakan sedang mengupayakan agar Timnas Indonesia U-16 bisa menjalani training camp (TC) di luar negeri. Turki akan menjadi tujuan TC, di mana nantinya juga akan berbarengan dengan TC Timnas Indonesia U-19.

Agenda ini diusung setelah batalnya rencana uji coba melawan tim muda Uni Emirat Arab (UEA) bulan ini yang direncanakan berlangsung di luar negeri. Yunus mengungkapkan, pihak UEA yang membatalkan rencana laga persahabatan ini. 

Oleh sebab itulah, menurut Yunus, PSSI akan tetap mengupayakan Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan di luar negeri, termasuk menjalani serangkaian uji coba di dalamnya.

Baca Juga:
Lanjutan Liga 1 2020 Kembali Harus Ditunda, Ini Reaksi Kubu Persija Jakarta

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 sendiri saat ini masih melakukan TC di Kroasia, yang sudah berlangsung sejak akhir Agustus lalu. Namun skuat Timnas U-19 ini memang direncakan akan melanjutkan TC mereka di Turki.

"Ya, kami sedang proses ke beberapa federasi. Sementara ini kita coba bangun komunikasi dengan federasi Turki," papar Yunus Nusi saat dihubungi awak media lewat WhatsApp.

"Karena ada kemungkinan Timnas Indonesia U-19 juga geser ke Turki. Jadi, kita satukan saja," lanjut pria yang juga menjabat Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur itu.

Baca Juga:
Soroti Kondisi Pemain Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong Ungkap Hal Ini

Namun demikian, Yunus belum bisa memastikan kapan Timnas Indonesia U-16 akan bertolak ke Turki, demikian pula Timnas Indonesia U-19 yang akan langsung berangkat dari Kroasia.

Pasalnya, PSSI sampai dengan saat ini masih menunggu respons dari Federasi Sepakbola Turki.

"Tapi masih tahap komunikasi dan kami masih tunggu respons dari federasi Turki," pungkasnya.

Baca Juga:
Mengenang Sosok Mendiang Alfin, Bima Sakti: Suaranya Merdu saat Azan

Timnas Indonesia U-16 sendiri saat ini masih menjalani TC di Cikarang. Armada Bima Sakti terus rutin melakukan pemusatan latihan setiap bulannya.

Tim Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- memang terus dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-16, yang rencananya akan bergulir awal tahun depan.

[Reporter: Adie Prasetyo Nugraha]

*Artikel ini sebelumnya juga telah dipublikasikan di Suara.com.

Load More