Arsito Hidayatullah
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, kembali secara khusus menyoroti fisik anak-anak asuhannya. Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat bahwa saat ini para pemainnya memaksakan diri untuk bisa tampil 90 menit.

Hal itu sejatinya disampaikan Shin Tae-yong jelang berhadapan dengan Kroasia, yang ternyata berakhir dengan kekalahan 1-7, Selasa (8/9/2020). Tepatnya, dia menilai pemain Timnas Indonesia U-19 belum kuat tampil selama 90 menit dengan fisik yang bagus.

"Tapi kita bisa lihat mereka berusaha bermain 90 menit semua (saat lawan Bulgaria --Red). Artinya, mereka coba mengatur sendiri nafas mereka," kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari sajian kanal YouTube PSSI, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga:
Merasa Sedih karena Alfred Riedl Wafat, Wolfgang Pikal: Dia Manusia Hebat

Padahal, menurut Shin Tae-yong, dalam rankaian pertandingan uji coba ini, dia ingin melihat seberapa jauh fisik pemain bisa bertahan. Ia ingin Witan Sulaeman dan kawan-kawan memaksimalkan tenaganya, walau hanya kuat bermain 10 menit.

"Jadi seharusnya pemain bisa bekerja sama dan memaksimalkan dirinya. Mereka harus mengerti sampai menit keberapa mereka bisa bermain," jelas pelatih berusia 51 tahun itu.

"Baru setelah itu, kita bisa atur tempo permainan kita. Dan pelatih bisa membuat taktik yang lebih baik berdasarkan kemampuan pemain," tambah Shin Tae-yong, seperti juga telah dipublikasikan Suara.com.

Baca Juga:
Termasuk Jack Brown, Ini 30 Pemain Timnas U-19 yang Dibawa TC ke Kroasia

Oleh karenanya, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini meminta para pemain Garuda untuk tidak memaksakan diri bisa bermain penuh dalam pertandingan. Yang terpenting saat ini adalah mencoba seluruh kemampuan, mengingat baru laga uji coba.

"Jadi pesan saya, jangan pernah mengatur nafas sendiri untuk dapat bermain 90 menit," pungkas Shin Tae-yong.

Di ajang international friendly tournament ini, selain dibantai Kroasia 1-7, pada laga perdana Pasukan Merah Putih juga dipecundangi Bulgaria 0-3. Berikutnya di ajang ini, Timnas Indonesia U-19 masih akan menghadapi Arab Saudi pada 11 September.

Baca Juga:
Dokter Timnas Sarankan Shin Tae-yong Kurangi Intensitas Latihan, Mengapa?

[Reporter: Adie Prasetyo Nugraha]

Load More