Irwan Febri Rialdi
Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan kepada media sebelum memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/2/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Bolatimes.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak akan memberikan latihan keras pada pemain Timnas Indonesia U-19 dan senior di pekan pertama. 

Keputusan tersebut diambil untuk mengembalikan kondisi para pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan alias training camp (TC) di Jakarta, setelah lama tak berlatih bersama-sama di lapangan.

Para pemain Timnas Senior Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 sudah berkumpul untuk TC di Jakarta yang dihelat bersamaan namun terpisah ini sejak 23 Juli lalu.

Baca Juga:
PSSI Siap Bantu Pemain Timnas Indonesia yang Ingin Kuliah

Namun, mereka baru menggelar latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jumat (7/8/2020) sore.

Awalnya, latihan perdana dijadwalkan berlangsung 25 Juli dan kemudian 1 Agustus lalu.

Namun nyatanya sesi latihan tak kunjung digelar, sampai akhirnya dihelat kemarin sore, lantaran masih menunggu hasil dari swab test COVID-19 para pemain dan ofisial.

Baca Juga:
Pengamat Minta PSSI Terbuka jika Ada Pemain Timnas yang Positif COVID-19

"Karena para pemain karantina sangat lama sekali di kamar masing-masing, kondisi badan pasti menurun. Jadi kami tidak bisa latihan keras. Tapi ini di pekan pertama saja, pekan berikutnya latihan sudah normal," papar Shin Tae-yong dalam rilis yang diturunkan PSSI.

Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan tersebut mengaku mundurnya jadwal latihan perdana Timnas Senior Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 membuat program yang sudah disusunnya jadi sedikit berantakan.

"Jujur memang, roadmap yang dibuat sangat terpengaruh dengan keterlambatan ini. Tapi, kami akan menyusun dengan baik dan pasti tidak ada keterlambatan ke depannya," tukas Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Tak Gabung TC Timnas, Tapi Ikut Latihan Bali United, Spaso Ungkap Alasannya

Protokol kesehatan ketat diterapkan pada latihan perdana Timnas Indonesia ini. Para pemain serta ofisial Tim Garuda dan Tim Garuda Nusantara dicek suhu tubuhnya, sebagaimana mereka juga disemprot cairan pembersih tangan sebelum mulai berlatih.

Load More