Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat pertandingan melawan Timnas Filipina pada Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9). Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor 0-4. [Suara.com/Arya Manggala]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 berpotensi tanpa satu pemain andalan, Ruy Arianto, saat tampil di Piala Asia U-16 2020. Pasalnya, pemain tersebut mengalami cedera parah, yakni Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Cedera tersebut didapat Ruy saat sedang berlatih bersama skuat Timnas Indonesia U-16, dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Bekasi yang digelar sejak 6 hingga 29 Juli mendatang.

Menurut Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti, pemain Persebaya Surabaya U-16 itu diperkirakan harus beristirahat paling cepat selama enam bulan.

Baca Juga:
Mills Rilis Jersey Tandang Timnas Indonesia, Begini Wujudnya

Itu berarti, Ruy terancam tidak bisa tampil di Piala Asia U-16 yang akan digelar pada 25 November sampai 12 Desember 2020 mendatang di Bahrain.

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kegiatan itu menjadi persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. (ANTARA/HO/PSSI) (ANTARA/HO/PSSI)

Meski demikian, diakui Bima perkembangan kondisi sang pemain cukup bagus dan tidak menutup kemungkinan Ruy pulih lebih cepat.

"Dia (Ruy Arianto) saat ini masih bersama tim dan sedang dalam tahap penyembuhan. Informasinya memang cukup lama ya dia harus absen sekitar enam sampai sembilan bulan," kata Bima Sakti saat dihubungi awak media via telepon, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga:
1 Pemain Timnas Senior Dibawa ke Rumah Sakit, Ini Penjelasan Staf Pelatih

"Tapi saya lihat, perkembangannya sangat bagus sekali dari mulai cedera sampai dengan sekarang. Terlebih anaknya rajin untuk melakukan terapi. Mudah-mudahan saja bisa sembuh dengan cepat," tambahnya.

Lebih lanjut, juru taktik yang pernah menjadi pemain PSM Makassar itu telah menyiapkan pengganti Ruy. Ada tiga pemain yang menurut Bima cocok untuk menggantikan Ruy di tim saat ini.

"Sejauh ini kami mencari alternatif, ada tiga pemain yang sudah dicoba untuk mengisi posisi Ruy. Ada Alexandro Felix Kamuru, Raka Cahyana Rizky, Wahyu Agong Drajat. Ketiganya dirasa paling cocok untuk mengisi posisi itu," pungkasnya.

Baca Juga:
Elkan Baggott Sudah Tiba di Indonesia, Siap Ikuti TC Timnas U-19

Penulis: Adie Prasetyo

Load More