Rauhanda Riyantama
Elkan William Tio Baggott. (Instagram/Elkan Baggott)

Bolatimes.com - PSSI telah mengumumkan 46 nama pemain Timnas Indonesia U-19 yang akan mengikuti pemusatan latihan di Jakarta pada 23 Juli - 8 Agustus 2020. Dari 46 pemain yang dipanggil, ada beberapa nama baru, salah satunya Elkan Baggott.

Lantas, siapa Elkan Baggott? Pecinta sepak bola Tanah Air mungkin tidak pernah mendengar nama Elkan Baggott. Tapi siapa yang menyangka, jika Elkan adalah salah satu WNI yang kini membela salah satu tim Liga Inggris, Ipswich Town, yang berlaga kasta ketiga.

Elkan Baggott memiliki darah Indonesia dari sang ibu, sementara ayahnya berasal dari Inggris. Meski demikian, Elkan memiliki paspor Indonesia.

Baca Juga:
Ini Nama-nama Langganan Timnas Indonesia yang Tidak Dipanggil Shin Tae-yong

Pemain bernama lengkap Elkan William Tio Baggott lahir pada 23 Oktober 2002. Pemain berposisi sebagai bek pernah bersekolah di British School of Jakarta pada tahun 2008.

Pemain Ipswich Town berdarah Indonesia Elkan Baggot. [Laman Ipswich Town]

Dia sempat tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang, hingga tahun 2011 sebelum akhirnya di bawa orang tuanya ke Inggris.

Di Inggris, pemain dengan tinggi 194 centimeter itu sempat menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola. Pada 2017 Elkan menerima beasiswa Professional Development Phase Scholarship dari Ipswich Town.

Baca Juga:
Fina Phillipe Alami Pelecehan Seksual, Sampai Dikirimi Foto Alat Kelamin

Menurut data dari Transfermarkt, pesepakbola yang kini berusia 17 tahun itu baru bergabung ke Ipswich Town U-18 pada 1 Juli 2019.

Elkan Baggott juga sudah membukukan prestasi bersama Ipswich Town U-18. Salah satunya membantu klub tersebut menjuarai ajang Hospital Cup 2019.

Pemain Ipswich Town berdarah Indonesia Elkan Baggot. [Laman Ipswich Town]

Bahkan, Elkan Baggott dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Manchester United dan Tottenham Hotspur di ajang tersebut. Di final, mereka mengalahkan Norwich City.

Baca Juga:
AC Milan Bungkam Sassuolo, Berikut Klasemen Terbaru Serie A Italia 2019/20

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari Shin Tae-yong atau PSSI ihwal pemanggilan Elkan. Menurut kabar, Shin Tae-yong yang secara langsung memasukkan nama Elkan dalam daftar.

Berikut Profil Singkat Elkan Baggott:

Nama: Elkan William Tio Baggott

Tanggal lahir: 23 Oktober 2002

Usia: 17 tahun
Tinggi: 194 sentimeter

Kewarganegaraan: Inggris, Indonesia

Posisi: Bek tengah

Klub saat ini: Ipswich Town U-18

Prestasi:

1. Menerima beasiswa Professional Development Phase Scholarship dari Ipswich Town pada 2017.

2. Juara bersama Ipswich Town U-18 di ajang Hospital Cup 2019.

Penulis: Adie Prasetyo

Load More