Rauhanda Riyantama
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan kabar terbaru soal Shin Tae-yong. Ia mengatakan bahwa pelatih Timnas Indonesia itu kemungkinan takut kembali ke Tanah Air karena pandemi virus corona yang masih terbilang tinggi.

Oleh karena itu, sang manajer ingin membawa Timnas Indonesia U-19 untuk menggelar training camp (TC) di Korea Selatan.

Senada Shin Tae-yong, Mochamad Iriawan punya alasan senada. Mantan Kapolda Metro Jaya itu punya kekhawatiran jika harus melepas 44 pemain ke Korea Selatan.

Baca Juga:
Hengkang ke Bayern Munich, Leroy Sane Kirim Salam Perpisahan untuk Pep

Jadi lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu lebih mengharapkan Shin Tae-yong datang ke Indonesia. Hal ini dikarenakan, rombongan Shin Tae-yong tidak sebanyak skuat tim nasional.

"Dia (Shin Tae-yong) mungkin ada rasa takut ke sini, sebaliknya kita pun ada rasa takut ke Korea Selatan. Tapi daripada 44 pemain ke sana, lebih baik dia sendiri ke sini dan kita akan jamin," kata Iwan Bule di Kemenpora, Jumat (3/7/2020).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kiri) memberikan keterangan pers usai pertemuan pengurus PSSI dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (16/12/2019). (Antara / Agus Salim)

Iwan Bule mengatakan bakal tetap meminta pelatih berusia 51 tahun itu ke Indonesia. Ia ingin agar Shin Tae-yong mengerucutkan penggawa Timnas Indonesia U-19 yang saat ini masih berisi 44 pemain.

Baca Juga:
Leroy Sane Kini Sah Jadi Milik Bayern Munich

Setelah dikerucutkan PSSI, akan melihat kemungkinan para pemain dibawa ke Korea Selatan. Meski begitu, Mochamad Iriawan tetap mengusahakan agar skuat Garuda TC di Indonesia.

Sebab, Shin Tae-yong tidak hanya diminta menangani Timnas Indonesia U-19. Melainkan timnas senior yang akan berlaga di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

"Kemarin Shin Tae-yong kirim roadmap tapi dia minta tetap ke sana (Korea Selatan). Saya balas lagi, Anda ke sini dulu, dilihat dulu, kerucutkan dulu jadi 23 sampai 30 pemain, baru silakan dibawa," jelasnya.

Baca Juga:
Cantiknya Estelle Bergkamp, Anak Eks Pelatih Ajax yang Dipacari Van de Beek

"Dia minta pemain dibawa ke Korea Selatan, kami komunikasi dengan pemerintah Korea Selatan, maunya kami tidak dikarantina, di sana akan dikarantina 14 hari. Waktu segitu itu panjang, kasihan pemain," ia menambahkan.

"Kalau Shin Tae-yong ke sini (Indonesia), kami bisa komunikasi minta agar Shin Tae-yong jalani swab test. Kalau ke sana 44 pemain bagaimana? Kalau dia ke sini hanya lima sampai enam orang, kan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan ikut serta di ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang. Skuat Merah Putih tergabung di Grup D bersama dengan tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Load More