Irwan Febri Rialdi
Seorang fotografer memotret pesepak bola Timnas Indonesia U-16 usai melawan Timnas Cina U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Bolatimes.com - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) resmi mengubah jadwal gelarab Piala Asia U-16 2020 di Bahrain karena adanya pandemi virus corona. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti pun menyambut positif pengunduran jadwal turnamen.

Pada jadwal terbarunya, Piala Asia U-16 2020 akan berlangsung pada 25 November hingga 12 Desember mendatang. Sebelumnya, ajang ini sendiri seharusnya digelar pada 16 September - 3 Oktober 2020.

Kepastian digesernya jadwal ini diketahui setelah AFC mengirimkan surat kepada PSSI pada Kamis (11/6/2020), setelah sebelumnya pada Jumat (5/6/2020) lalu menggelar rapat yang membahas penyelenggaraan turnamen serta protokol kesehatan pertandingan selama pandemi belum berakhir.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Gagal Penalti, Juventus Tetap Lolos ke Final Coppa Italia

Bima Sakti mengatakan mudurnya jadwal ini membuat timnya bisa melakukan persiapan lebih maksimal. Ada jeda waktu yang cukup lama sebelum skuat Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- terjun di putaran final Piala Asia U-16 2020.

"Ada positifnya dengan mundurnya jadwal Piala Asia U-16. Saat ini kami baru bisa melakukan latihan secara virtual karena masih dalam pandemi COVID-19. Jadwal mundur, berarti kami bisa mempersiapkan diri secara lebih ideal lagi," kata Bima Sakti dalam keterangan resminya, Jumat (12/6/2020).

Bima mengatakan akan terus memantau kondisi anak-anak asuhannya. Ke depan, Timnas Indonesia U-16 pun akan menggelar beberapa pertandingan uji coba, meski laga-laga hampir pasti bakal dihelat secara tertutup.

Baca Juga:
Tahu Sora Aoi? Eks Bintang Porno Ini Pernah Digosipkan Dekat dengan Drogba

"Kami terus memantau kondisi para pemain dan perkembangan kapan pemusatan latihan bisa dimulai lagi. Tentunya pemusatan latihan di lapangan dengan para pemain berlatih bersama-sama," tutur Bima.

"Selain itu kami juga butuh uji coba internasional untuk terus mematangkan tim, dan ini sudah kami koordinasikan dengan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri)," papar legenda Timnas Indonesia itu. 

Sebagai informasi tambahan, di seeder Piala Asia U-16 2020, Timnas Indonesia U-16 sendiri berada di pot 2 bersama Australia, Korea Utara, dan Oman.

Baca Juga:
Punya Nazar Bugil, Ini 5 Potret Seksi Fans Cantik Chelsea Jessica Lopes

Sementara itu, pengundian babak grup ajang tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (18/6/2020) pekan depan. 

Adapun untuk Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan tidak mengalami perubahan jadwal, yaitu tetap pada 14-31 Oktober mendatang.

Timnas Indonesia U-19 ini juga berada di pot 2 bersama Jepang, Tajikistan, dan Australia.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru La Liga 2019/2020, Sevilla Tempel Real Madrid

Penulis: Adie Prasetyo

Load More