Rauhanda Riyantama
Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol Bagas Kaffa ke gawang Iran (Sumber: PSSI)

Bolatimes.com - Regulasi pemain U-20 di kompetisi Liga 1 mendapat sambutan positif. Pemain muda Barito Putera, Bagas Kaffa dan dirinya mendukung penuh jika regulasi tersebut direalisasikan saat kompetisi kembali digulirkan.

"Bagus sih kalau ada regulasi seperti itu. Tapi saya lihat saat ini ada tim Liga 1 yang sudah memakai pemain junior, ada juga yang belum," kata Bagas seperti dikutip dari laman resmi klub.

Bagas mengaku dengan adanya regulasi tersebut memberikan banyak kesempatan pemain muda unjuk kemampuan. Apalagi salah satu tujuan regulasi tersebut adalah untuk menyiapkan pemain guna menghadapi Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga:
Gara-gara Istri Rasis, Eks Timnas Serbia Ini Kehilangan Pekerjaan

Meski demikian, pemain berusia 18 tahun menyadari jika saat ini belum banyak pemain pemain muda yang dikontrak oleh tim-tim yang berlaga Liga 1. Dengan adanya regulasi tersebut diharapkan lebih banyak lagi pemain muda yang mendapatkan kesempatan.

Bagas Kaffa merupakan salah satu pemain muda potensial bersama dengan saudara kembarnya yaitu Bagus Kahfi. Sejumlah prestasi sudah ditorehkan oleh kedua pemain kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu termasuk saat membawa Timnas U-16 menjadi juara Piala AFF 2018.

Amiruddin Bagas Kaffa saat ditemui di Lapangan GOR Padjajaran, Bogor. [Adie Prasetyo Nugraha / Suara.com]

Sebelumnya PSSI terus mengkaji regulasi tentang kewajiban klub untuk menurunkan pemain-pemain U-20 dalam lanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020 yang rencananya berlangsung mulai September atau Oktober.

Baca Juga:
Heboh, Fan Cantik Lazio Ini Pasang Foto Tanpa Baju di Tribune Stadion

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyebut bahwa pengkajian itu dipimpin oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

"Direktur teknik sedang mengkajinya. Dalam hal itu, kami juga melibatkan APSSI," kata Yunus.

APSSI adalah Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia. Organisasi ini yang mendorong PSSI agar membuat aturan soal pesepak bola U-20 di liga karena Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga:
Disebut Jadi Sebab Performa Jeblok Isco, Sara Salamo Beri Balasan Menohok

Dengan semakin banyaknya waktu bermain, APSSI yakin pemain U-20 dapat meningkatkan kemampuan dan pengalamannya. PSSI pun semakin dimudahkan dalam mencari pemain untuk memperkuat tim nasional di Piala Dunia U-20.

Anggota Komite Eksekutif APSSI Bambang Nurdiansyah juga menegaskan bahwa pihaknya juga mengusulkan agar saat pergantian pemain, sosok yang masuk ke lapangan sebagai pengganti juga pemain muda.

Load More