Rauhanda Riyantama
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz Lutfi Akbar. [Suara.com/Aminuddin]

Bolatimes.com - Jalan terjal harus dilalui oleh Abdul Aziz Lutfi Akbar dalam meniti kariernya sebagai pesepak bola. Bahkan, berbagai pengorbanan harus ia lakukan demi bisa berlatih sepak bola.

Abdul Aziz yang kini berseragam Persib Bandung mengaku pernah bersepeda sejauh 12 kilometer. Hal itu harus ia lakukan demi bisa sampai ke tempat latihan saat masih menimba ilmu di sekolah sepak bola. 

''Salah satu perjuangan dulu adalah harus bersepeda dari rumah di Baleendah ke lapangan Tegalega, seminggu tiga kali,'' ujar Abdul Aziz, dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga:
Klub-klub Liga Primer Inggris Sepakat Lanjutkan Kompetisi

''Walau sesekali pernah juga diantar orangtua. Kalau diingat lagi, sedih juga,'' imbuh pemain kelahiran Bandung itu.

Tak hanya itu, Abdul Aziz juga harus jauh dari keluarga saat pertama kali jadi pesepak bola profesional. Pemain 26 tahun itu harus menjalani seleksi di Persiba Balikpapan, kemudian hijrah ke Borneo FC hingga PSMS Medan.

Dan akhirnya mimpi bisa berseragam klub tanah kelahirannya yakni Persib Bandung, bisa tercapai. Ia resmi menjadi bagian skuat Maung Bandung pada Liga 1 2019

Baca Juga:
Seksinya Daniela Christian, Pacar Baru Maxi Lopes usai Ditinggal Wanda Nara

"Perjuangan lainnya mungkin harus berkorban jauh dari keluarga, merantau dulu ke luar Bandung tiga tahun. Perjuangan terus sampai saat ini,'' ungkap Abdul Aziz.

Sebagai informasi, Abdul Aziz sempat bermain futsal sebelum akhirnya pindah ke sepak bola. Ia tercatat pernah membela tim Futsal Kota Bandung (FKB) dan FC Libido.

Bahkan kiprahnya di futsal Tanah Air patut diacungi jempol. Sebab ia pernah membela Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2016.

Baca Juga:
Patut Dicontoh Nih, Dedi Kusnandar Pilih Tadarusan untuk Ngabuburit

Load More