Irwan Febri Rialdi
Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan kepada media sebelum memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/2/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Bolatimes.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai sistem medis di Indonesia dalam menghadapi virus corona masih sangat buruk. Ia menyampaikan hal ini kepada media Korea Selatan, News Joins.

Keadaan tersebut membuat Shin Tae-yong merasa prihatin dan tergerak untuk mengulurkan tangan. Ia pun memberi bantuan Alat Pelindung Diri (APD) senilai senilai 20.000 dolar atau Rp 309,8 juta ke salah satu rumah sakit pada 3 April lalu.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tim medis untuk membantu mereka melawan penyakit Covid-19 di RS PELNI, Jakarta, Jumat (3/4/2020). [Antara/PSSI]

"Indonesia memiliki sistem medis yang sangat buruk. Saya ingin membantu masyarakat Indonesia. Saya senang pemerintah Korea dan perusahaan sudah mengirim alat tes dan bantuan ke Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Exco PSSI Tegur Cucu Soemantri, Minta Pahami Statuta soal Sekjen PSSI

Selain itu, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut menilai kesadaran masyarakat Indonesia terhadap ancaman virus corona juga kurang. Ia melihat banyak yang tidak menggunakan masker di jalanan.

"Mungkin hanya 10 persen orang menggunakan masker di jalanan," tuturnya menambahkan.

Shin Tae-yong saat ini berada di Korea Selatan. Ia telah meninggalkan Indonesia sejak 4 April 2020 bersama ketiga asistennya, yakni Kim Hae Won, Lee Jae Hong, dan Gong Oh Kyun, setelah dinyatakan negatif virus corona.

Baca Juga:
Potret Seksi Sophia Thomalla, Pacar Loris Karius yang Gemar Menato Tubuh

Load More