Rauhanda Riyantama
Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengakui persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 terganggu karena adanya wabah virus corona. Alhasil, berbagai persiapan pun harus terhambat.

Piala Dunia U-20 memang akan berlangsung tahun depan. Namun, persiapan harus dilakukan sedini mungkin agar penyelenggarannya berjalan maksimal.

Seperti menyiapkan infrastruktur, enam venue stadion yang dipakai di Piala Dunia nanti, dan timnnas yang berlaga di ajang tersebut. Menpora mengaku hal tersebut tidak bisa dilakukan karena adanya pandemi corona ini.

Baca Juga:
Presiden La Liga Tak Yakin Inter Milan Bisa Datangkan Lionel Messi

Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (12/3/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Meski itu tahun depan persiapan tetap sekarang. Itu juga cukup mengganggu seperti latihan timnya, persiapan penyelenggarannya, dan komunikasinya. Misalnya FIFA yang mau datang awal Maret lalu untuk putuskan stadion, akhirnya tidak jadi datang karena situasi sekarang ini," kata Menpora saat video conference dengan wartawan, Selasa (7/4/2020).

"Hal-hal seperti itu jadi pertimbangan kita, tapi karena itu dilakukan di tahun 2021 kita berharap COVID-19 segera berakhir. Jadi kita bisa genjot lagi persiapannya," ia menambahkan.

Meski begitu, Amali menjelaskan pihaknya masih terus berkomunikasi dengan PSSI serta kementerian terkait soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nanti. Ia juga optimistis gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia bisa sukses terlaksana.

Baca Juga:
Dampak Pandemi Corona, FIFA Resmi Ubah Aturan Jadwal Bursa Transfer

"Komunikasi kita lalukan terus dengan PSSI sebagai federasi dan penyelenggara, serta Kementerian PUPR. kalau kita bisa jawab kita jawab, kalau tidak kita tanya ke PSSI, tapi kalau tunggu dari FIFA kita tidak mau paksakan," tambahnya.

"Kami tetap optimistis karena ini, kan tahun 2021. Masih on schedule lah. Apalagi urusan venue itu yang renovasi ditangani PUPR, sesuai yang dikerjaannya yang sudah rutin dilakukan dari tahun ke tahun. Kemenpora tidak khawatir," pungkasnya.

Baca Juga:
Terungkap, Kyle Walker Sempat Ngaku Namanya 'Kai' saat Gelar Pesta Seks

Load More