Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti (tengah) memberikan instruksi kepada pemain saat latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Latihan tersebut untuk persiapan jelang laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Bolatimes.com - PSSI berencana melakukan penyesuaian gaji terhadap staf pelatih Timnas Indonesia dari kelompok umur hingga senior. Dipotongnya gaji para pelatih timnas Indonesia ini tak lain dikarenakan tak adanya agenda skuat Garuda di tengah mewabahnya virus corona.

Hanya timnas Indonesia U-16 saja yang terakhir menggelar pemusatan latihan pada Maret 2020. Itupun harus dipulangkan lebih awal karena semakin mengkhawatirkannya virus corona. Sementara untuk Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-19 keduanya gagal melakukan TC.

Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti. ANTARA/HO-PSSI/aa

Sejatinya, timnas Indonesia senior akan bermain melawan Thailand (26/3/2020), Uni Emirat Arab (31/3/2020), dan Vietnam (6/4/2020) di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Namun, pada akhirnya seluruh pertandingan ditunda ke bulan Oktober dan November.

Baca Juga:
PT LIB akan Ubah Jadwal Liga 1 2020 usai Agenda Timnas Indonesia Batal

Lalu, ada Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 yang berlangsung di Indonesia pada Juli-Agustus 2020 yang juga ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengaku belum mendapatkan informasi terkait rencana pemotongan gaji oleh PSSI. Oleh karenanya, ia masih tunggu kabar dari PSSI.

"Sampai sekarang belum ada informasi soal itu," kata Bima Sakti kepada suara.com, Kamis (2/3/2020).

Baca Juga:
Timnas Indonesia Tetap Gelar TC meski Kualifikasi Piala Dunia Dibatalkan

Asisten Pelatih timnas Indonesia U-19 Nova Arianto saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sementara itu, asisten Shin Tae-yong selaku manajer pelatih di timnas Indonesia, Nova Arianto juga mengaku belum menerima informasi dari PSSI.

Hanya saja, Nova siap mengikuti kebijakan dari PSSI itu jika memang benar adanya. Baginya, ini jalan yang terbaik di situasi saat sekarang.

"Belum ada pemberitahuan terkait masalah ini. Tapi, apapun kebijakan dari PSSI saya siap karena saya percaya pasti ada kebijakan terbaik dengan adanya situasi ini," ujar Nova ketika dikonfirmasi Suara.com.

Baca Juga:
Bukan SUGBK, Timnas Indonesia Vs UEA akan Digelar di Stadion Ini

Penulis: Adie Prasetyo

Load More